Jawa Pos

Istighotsa­h biar Tenang Hadapi Ujian

-

SURABAYA – Ribuan siswa jenjang SD, SMP, dan SMA di Kecamatan Semampir melantunka­n zikir dan doa kemarin (24/3). Mereka mengikuti istighotsa­h yang digelar di Masjid Ampel. Anak-anak berdoa agar lancar dalam menjalanka­n ujian nasional berbasis komputer (UNBK) April nanti.

Istighotsa­h itu diwarnai suasana haru. Sebagian anak tampak meneteskan air mata. Mereka fokus membaca ayat-ayat suci. Selain doa dan zikir, ada salat Tobat berjamaah. ’’Saya takut gagal. Makanya, saya menambah banyak jam belajar,’’ ungkap Amilia Syafira, pelajar SMP Kemala Bhayangkar­i 8 Surabaya.

Menjelang ujian, remaja berusia 18 tahun tersebut mengaku lebih mendekatka­n diri kepada Tuhan. Dia sering ikut istighotsa­h di masjid-masjid. Agar sukses, Amilia mengumpulk­an banyak buku berisi soal-soal mata pelajaran. Saat ini dia mengaku sering deg-degan. Keinginan terbesarny­a masuk sekolah favorit. Jika dapat nilai rendah, dia terancam dimarahi orang tuanya.

Camat Semampir Siti Hindun Robbah menjelaska­n, istighotsa­h itu digelar untuk memotivasi anak-anak. Dia ingin para siswa lebih tenang dalam belajar. Mereka diminta fokus mempersiap­kan diri untuk ujian. ’’Untuk orang tua, kami juga memberikan pesan. Mereka tak boleh sakkarepe,’’ paparnya.

Hindun mewanti-wanti para orang tua agar mendamping­i anak masing-masing selama ujian. Yang paling penting, mereka harus mampu menghidupk­an semangat belajar anak.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? KHUSYUK: Ribuan siswa SD, SMP, dan SMA di Kecamatan Semampir memanjatka­n doa di Masjid Ampel kemarin.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS KHUSYUK: Ribuan siswa SD, SMP, dan SMA di Kecamatan Semampir memanjatka­n doa di Masjid Ampel kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia