Jawa Pos

Ganti 52 Titik dengan LED

-

SURABAYA – Jalan Kapasan jadi sentra perdaganga­n di kawasan utara. Bukan hanya siang, ruko dan pertokoan sering kali ramai dikunjungi saat malam. Untuk membuat suasana lebih terang dan terkesan aman, Pemkot Surabaya mengganti seluruh penerangan jalan umum (PJU) di jalan penghubung Kya-kya dan Kenjeran tersebut dengan lampu LED.

Ada 52 titik PJU yang diganti sepekan terakhir. Paling banyak berada di depan Pasar Kapasan. Lampu sodium yang mengonsums­i listrik hingga 250 watt diganti lampu LED yang hanya 150 watt. ’’Selain hemat, nyalanya dianggap lebih terang,’’ ungkap Penanggung Jawab PJU Rayon Utara DKRTH Surabaya Bandiono.

Lelaki itu menjelaska­n, nyala lampu LED berbeda dibanding jenis lampu sebelumnya. Warnanya keputihan lebih terang. Berbeda dengan sodium yang kekuning-kuningan.

Bandiono menuturkan, tidak semua PJU di jalan utama diganti. Selain Kapasan, petugas telah mengganti lampu di Jalan Kenjeran. ’’Sebelumnya disurvei. Ada alasan kenapa lampu yang diganti berada di Jalan Kapasan,’’ ungkap Bandiono.

Menurut dia, jalan Kapasan tidak pernah sepi. Bukan hanya siang, aktivitas perdaganga­n juga sering ditemui ketika malam. Lampu baru diharapkan lebih menerangi. Daya pancarnya lebih luas. Lampu tersebut ditaksir mampu menjangkau teras pertokoan di pinggir jalan. Hal itu memungkink­an situasi di Jalan Kapasan lebih aman. ’’Jadi, tujuan lainnya mencegah kriminalit­as,’’ papar Bandiono.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? AGAR LEBIH TERANG: Petugas mengganti PJU di Jalan Kapasan dengan lampu LED.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS AGAR LEBIH TERANG: Petugas mengganti PJU di Jalan Kapasan dengan lampu LED.
 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? JANGAN BOROS AIR: Siswa dan siswi SDN Ujung 9 berkampany­e di Jalan Pegirian kemarin.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS JANGAN BOROS AIR: Siswa dan siswi SDN Ujung 9 berkampany­e di Jalan Pegirian kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia