Jawa Pos

Peduli Lingkungan lewat Video Pendek

-

SURABAYA – Banyak cara untuk memupuk kepedulian terhadap lingkungan. Untuk memperinga­ti Hari Air Sedunia, Independen Film Surabaya (Infis) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Surabaya dan Organisasi Pelajar Surabaya (Orpes) mengajak 230 pelajar SMP se-Surabaya membuat video pendek kemarin (24/3).

Temanya peduli lingkungan. Seluruh peserta dibagi ke dalam kelompok yang masing-masing berisi lima siswa, berasal dari beragam sekolah. Sebelumnya mereka mendapatka­n materi tentang lingkungan dan pembuatan video pendek. Materi lingkungan diberikan lembaga swadaya masyarakat (LSM) Tunas Hijau, dilanjutka­n dengan materi video dari Infis.

Acara tersebut dilangsung­kan di aula SMP Negeri 13 Surabaya. ”Kami memberikan kesempatan kepada para siswa untuk membuat video pendek selama 1,5 jam,” ujar Ketua Infis Fauzan Abdillah.

Seluruh halaman sekolah menjadi panggung mereka. Setiap kelompok dibebaskan membuat video, menggunaka­n peralatan yang ada di sekolah. Ada yang membuat video tentang larangan membuang sampah sembaranga­n. Dengan cara memberi tahu perbedaan sampah kering dan basah. Ada juga beberapa yang membuat video tentang dampak sampah bagi lingkungan sekitar. ”Nanti video tersebut diunggah ke akun Instagram masing-masing,” ucap Fauzan.

Pengunggah­an video disertai sebuah tagar (hashtag) untuk memudahkan panitia melakukan penjurian. Hashtag-nya adalah #pelajarsah­abatbumi. Pemenang akan diumumkan di akun Instagram Infis.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? PRAKTIK LANGSUNG: Fauzan Abdillah (dua dari kiri) membimbing pembuatan video pendek di SMPN 13 kemarin.
DIPTA WAHYU/JAWA POS PRAKTIK LANGSUNG: Fauzan Abdillah (dua dari kiri) membimbing pembuatan video pendek di SMPN 13 kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia