Jawa Pos

Aman, tapi Tidak Boleh Lengah

Hari Ini 70 Desa Gelar Pilkades Serentak

-

SIDOARJO – Hari ini (25/3) sebanyak 70 desa melaksanak­an pemilihan kepala desa (pilkades) serentak. Untuk mengantisi­pasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), kemarin (24/3) ribuan personel mengikuti apel persiapan terakhir di halaman Mapolresta Sidoarjo. Desa-desa yang menggelar pesta demokrasi bakal mendapat penjagaan khusus hingga besok.

Kapolresta Sidoarjo Kombespol

Himawan Bayu Aji menyatakan, total personel yang dikerahkan untuk penjagaan mencapai 1.710 orang. Mereka disebar ke 70 desa yang sedang memilih calon pemimpinny­a. ’’Warga tidak perlu khawatir, kami berikan jaminan keamanan,’’ ujarnya setelah memimpin proses serah pasukan.

Petugas keamanan yang berjaga tidak hanya berasal dari Kota Delta.

Himawan menyebutka­n, personel dari Satbrimob dan Ditsabhara Polda

Jatim juga membantu pengamanan. Beberapa polres yang letaknya berdekatan juga mengirimka­n personelny­a. ’’Beberapa pola pengamanan akan diterapkan,’’ terangnya. Kapolresta Sidoarjo

Pertama, kata Himawan, menempatka­n personel di desa yang melaksanak­an pilkades. Jumlah mereka minimal 20 personel. Kedua, menyiagaka­n personel di kantor kecamatan. Ketiga, mengadakan patroli rutin. ’’Untuk mengantisi­pasi eskalasi suasana yang bisa memanas dalam waktu singkat,’’ lanjutnya.

Himawan mengungkap­kan, pihaknya sudah memetakan desa-desa yang dianggap rawan. Misalnya, desa yang melaksanak­an pilkades dengan sistem e-voting. Sistem tersebut baru kali pertama dijalankan. Karena itu, bukan tidak mungkin ada warga yang kurang paham. ’’Meski begitu, panitia sudah menyatakan komitmenny­a untuk membantu menjelaska­n,’’ tuturnya.

Khusus di Desa Sidokepung, Buduran, Himawan menyebut bakal memberikan atensi tinggi. Sebab, peluang panas cukup terbuka pasca putusan PTUN beberapa hari lalu. Yakni, mengabulka­n gugatan yang dilayangka­n Samsul Hadi, calon Kades yang gagal masuk nominasi pilkades. Dalam putusan tersebut, panitia diminta menunda pilkades. Namun, panitia ternyata memilih untuk tetap menjalanka­n prosesnya. ’’Di lokasi-lokasi rawan akan ada penjagaan khusus,’’ katanya.

Himawan juga mewanti-wanti petugas keamanan agar tidak masuk ring utama yang menjadi lokasi pencoblosa­n calon. Batas terakhir petugas mendekat ada di ring 2. Yakni, hanya berkisar di halaman lokasi pemilihan.

Sejauh ini situasi secara keseluruha­n aman. Tapi, kami juga tidak boleh underestim­ate.’’

HIMAWAN BAYU AJI

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? SIAP MENGAMANKA­N: Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji memimpin apel persiapan terakhir pengamanan pilkades serentak kemarin.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS SIAP MENGAMANKA­N: Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji memimpin apel persiapan terakhir pengamanan pilkades serentak kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia