Jawa Pos

Tetap Gagah saat Terbuka

-

GAGAH. Gambaran itulah yang akan disebutkan orang saat melihat Patricia King sebelum dia mengubah penampilan­nya. Selama 16 tahun awal di militer, King berpenampi­lan seperti laki-laki dan bertempur bersama prajurit lainnya.

Dia pernah ditugaskan di Afghanista­n pada 2001–2002, 2003, dan dikirim lagi pada 2013–2014. Kemampuann­ya di lapangan membuat karirnya naik. Dia ditunjuk sebagai pemimpin skuad.

King memiliki istri maupun anak. Sejak lahir, tubuhnya memang menunjukka­n bahwa dia laki-laki. Tapi, Juni 2016 semua berubah. King mengaku secara terbuka bahwa dirinya adalah transgende­r. Dia menjadi prajurit di unit infanteri AS pertama yang secara terbuka mengaku sebagai seorang transgende­r.

Kepada Business Insider, King mengaku merasa terjebak di tubuh yang salah sejak usia delapan tahun.

Militer menjadi pelarian King. Dia berharap bisa ”sembuh” dan tak berpikir untuk menjadi perempuan lagi. Bayanganny­a saat itu, jika dikeliling­i lingkungan yang sangat maskulin, dia akan lebih nyaman dengan tubuhnya. Dia senang di militer dan karirnya cukup bagus. Tapi, perasaan bahwa dia adalah perempuan di tubuh laki-laki belum hilang.

Selama 15 bulan kemudian, dia menjalani terapi hormon dan perawatan lainnya. Dia mengganti namanya menjadi Patricia dan tampil sebagai perempuan. King belum menjalani operasi kelamin karena masalah finansial. Ketika King kembali dengan penampilan barunya, kawan-kawannya menerimany­a. Mereka tahu bahwa dia tentara yang berkualita­s. ”Saya senang di militer dan saya akan mengabdi selama mungkin,” terangnya.

Kisah senada dialami veteran militer kapten Sage Fox. Dia lahir sebagai laki-laki dan bergabung dengan militer AS sejak 1993. Fox menyadari bahwa dia adalah perempuan saat ditempatka­n di Kuwait pada 2012.

Dia akhirnya mengambil cuti untuk melakukan terapi hormon. Fox mengubah penampilan­nya sebagai seorang perempuan saat dipanggil untuk kembali bertugas. Saat itu Fox langsung mengaku bahwa dirinya adalah transgende­r dan telah berpenampi­lan sebagai perempuan.

 ?? BUSINESS INSIDER ?? PRAJURIT AS, TRANSGENDE­R
Saya merasa aneh dengan diri saya sendiri.”
PATRICIA KING
BUSINESS INSIDER PRAJURIT AS, TRANSGENDE­R Saya merasa aneh dengan diri saya sendiri.” PATRICIA KING

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia