Jawa Pos

Jelang UNBK, Siswa Basuh Kaki Orang Tua

-

BONDOWOSO – Awal pekan depan, tepatnya 2 April, siswa SMK akan mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Berbagai persiapan dilakukan. Salah satu persiapan yang dilakukan SMKN 3 Bondowoso ialah mengadakan acara sungkeman dengan membasuh kedua kaki orang tuanya.

Kepala SMKN 3 Bondowoso Umar Said menyatakan, acara sungkeman dan membasuh kaki orang tua (mayoritas sang ibu) itu adalah rangkaian persiapan UNBK. Merupakan bagian dari doa bersama orang tua siswa kelas XII dan pembekalan mental spiritual. ”Tujuannya menggapai potensi diri, menata budi pekerti, dan melejitkan prestasi,” ucapnya.

Pihak sekolah melibatkan orang tua atau wali siswa kelas XII SMKN 3 Bondowoso. Awalnya digelar istighotsa­h bersama di aula. Selanjutny­a, para siswa diminta sungkem dan membasuh kedua kaki orang tua atau wali. ”Ritual” itu, terang Umar, bertujuan untuk menata budi pekerti. Sebab, selama ini tidak banyak siswa yang pernah sungkem dan meminta maaf kepada orang tuanya.

Setelah sungkeman, isak tangis pun pecah memenuhi lapangan tempat acara. Siswa maupun orang tuanya kebanyakan mengeluark­an air mata. Momen itulah yang menjadi salah satu titik tekan sekolah agar siswa bersungguh-sungguh dalam bersekolah. ”Kami ingin ada penyatuan perasaan sehingga siswa dan orang tua benar-benar menyatu dan itu menjadi spirit menggapai kesuksesan,” tuturnya.

Umar menambahka­n, adanya sungkeman sembari siswa meminta maaf adalah awal untuk menggapai cita-cita. Dengan sungkeman, restu orang tua tercurahka­n kepada siswa. ”Semoga cita-cita terkabul dan siswa-siswa menjadi manusia yang bermartaba­t serta memiliki budi pekerti dan kemandiria­n,” harapnya.

 ?? SHOLIKHUL HUDA/JAWA POS RADAR JEMBER ?? SUNGKEM JELANG UN: Para siswa kelas XII SMKN 3 Bondowoso bersimpuh di depan orang tua mereka.
SHOLIKHUL HUDA/JAWA POS RADAR JEMBER SUNGKEM JELANG UN: Para siswa kelas XII SMKN 3 Bondowoso bersimpuh di depan orang tua mereka.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia