Jawa Pos

Golfer Jawa Timur Mendominas­i

Indonesia Elite Amateur Championsh­ip 2018

-

TANGERANG – Awan mendung dengan semilir angin mengiringi shotgun final turnamen golf 2nd Indonesia Elite Amateur Championsh­ip 2018 di Modern Golf & Country Club kemarin. Sebanyak 48 peserta dari Pengprov Persatuan Golf Indonesia (PGI) maupun klub se-Indonesia ikut berkompeti­si.

2nd Indonesia Elite Amateur Championsh­ip 2018 termasuk kalender PB PGI dalam rangka meningkatk­an prestasi pegolf amatir tanah air. ’’Ini turnamen golf amatir kedua PB PGI pada 2018. Yang pertama kami adakan di Gading Raya Padang Golf & Klub Januari lalu,’’ ucap Ketua Bidang Pertanding­an PB PGI Kamil Arief.

Tidak ada hadiah uang pada turnamen yang didominasi golfer muda tanah air itu. Hanya trofi piala yang diberikan sebagai hadiah. ’’Karena ini turnamen prestasi, jadi tidak menghadiah­kan fresh money,’’ jelas Kamil. Dia berharap turnamen tersebut melahirkan golfer profesiona­l yang bisa membawa Merah Putih berjaya di ajang internasio­nal.

Turnamen itu diselengga­rakan pada 23–25 Maret. Pertanding­an tidak menerapkan sistem handicap, melainkan format gros s s t r oke p l a y .’’ Golf e r harus menyelesai­kan tantangan 54 holes dalam tiga hari. Jadi, 3 kali 18 holes per hari,’’ terang wasit Djaya Sudarya setelah pertanding­an.

Turnamen yang dimulai pukul 12.30 tersebut berlangsun­g sekitar lima jam. J o se Suryadinat­a, golfer asal Pasuruan, keluar sebagai kampiun di sektor putra. Dia memiliki total gros s o v era l l terbaik dengan 220 p o i n. ’Tentu bersyukur bisa juara. Tapi, skor nya tidak sesuai target aja ,’ kata golf e r d arik l u b Taman Dayu itu.

Di bagian putri, Viera Permata Rosada dari Banten menjadi yang terbaik. Dia berhasil unggul atas golfer amatir Jawa Timur lainnya, Tiana Ivanka Porwanto, yang menempati posisi runner-up.

Menurut Tiana, hasil turnamen kali ini tidak sesuai dengan targetnya. ’’Pada hari terakhir ini, skor saya buruk,’’ ujarnya. Golfer asal klub Taman Dayu tersebut mencatatka­n skor 85 di laga final. Dengan hasil itu, total skornya menjadi 243. Selisih 14 angka dari perolehan Viera Permata Rosada di posisi pertama dengan poin 229.

Tiana mengikuti turnamen tersebut untuk meningkatk­an peringkatn­ya di daftar golfer amatir World Associatio­n Golf Ranking (WAGR). ’’Senang bisa jadi runner-up, meski tidak sesuai target poinnya,’’ tuturnya. Dia bertekad memperbaik­i penampilan­nya pada Ciputra World Junior Golf Championsh­ip yang dilaksanak­an di Damai Indah Golf 5–8 Juni mendatang.

 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? TERBAIK: Pegolf Jose Suryadinat­a sedang membidik sasaran di hole 3 pada ajang 2nd Indonesia Elite Amateur Championsh­ip di Modern Golf Country & Club, Tangerang, kemarin.
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS TERBAIK: Pegolf Jose Suryadinat­a sedang membidik sasaran di hole 3 pada ajang 2nd Indonesia Elite Amateur Championsh­ip di Modern Golf Country & Club, Tangerang, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia