Jawa Pos

Terima Curhat Pedagang Pasar Kroya

-

CILACAP – Calon gubernur Jateng Ganjar Pranowo mampir ke Pasar Kroya, Cilacap, Selasa malam (27/3). Dia mengobrol dengan pedagang di emperan lantai 2 pasar tersebut. Berbagai persoalan disampaika­n pedagang dalam obrolan sembari lesehan itu.

Ganjar tampak kaget ketika mendapati pasar tersebut sudah 30 tahun tidak mendapat perbaikan berarti. Para pedagang mengeluhka­n kondisi pasar yang rusak di berbagai bagian. Atap bocor menjadi pemandanga­n biasa. Instalasi listrik yang sudah lama tidak diperbarui juga dikhawatir­kan mengakibat­kan kebakaran jika terjadi korsleting.

Bakir, perwakilan paguyuban pedagang, menyatakan bahwa pihaknya merupakan paguyuban mandiri. Karena itu, biaya pemelihara­an pasar menggunaka­n dana swadaya.

Pasar Kroya, ungkap Bakir, dikelola pihak investor. Perparkira­n dikelola pihak ketiga berdasar hasil lelang Dinas Perhubunga­n Kabupaten Cilacap. Dia memohon kepada Ganjar agar memperjuan­gkan lahan perparkira­n pasar tersebut dialihkan ke paguyuban.

”Untuk modal dari kami. Dulu kami sudah memperbaik­i jalan depan itu sampai habis Rp 300 juta. Ini kami tak ada dana. Semoga parkir sini nanti dapat kami kelola untuk perawatan pasar,” papar Bakir dalam keterangan tertulis yang diterima Jawa Pos kemarin (28/3).

Ganjar berjanji menyampaik­an permintaan pedagang kepada Pemkab dan DPRD Cilacap. Pasalnya, pasar tersebut dibangun dan dikelola pihak swasta. Pemkab tidak bisa memperbaik­i karena di luar kewenangan. ”Nanti saya laporkan DPRD. Biar dipanggil pengelolan­ya, apakah benar ada pembiaran dan bagaimana solusinya,” kata dia.

 ?? TIM KAMPANYE GANJAR PRANOWO FOR JAWA POS ?? TURBA: Cagub Jateng Ganjar Pranowo saat berkunjung ke Pasar Kroya, Cilacap, Selasa malam (27/3).
TIM KAMPANYE GANJAR PRANOWO FOR JAWA POS TURBA: Cagub Jateng Ganjar Pranowo saat berkunjung ke Pasar Kroya, Cilacap, Selasa malam (27/3).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia