Jawa Pos

Dorong Tol Pandaan–Malang Beroperasi Fungsional

-

SURABAYA – Ruas jalan tol Pandaan–Malang ditargetka­n rampung akhir tahun ini. Namun, sejumlah pihak berharap jalan tol yang direncanak­an sepanjang 38,49 km itu beroperasi lebih cepat. Setidaknya secara fungsional. Khususnya untuk persiapan menghadapi masa mudik Lebaran mendatang.

Anggota Komisi D DPRD Jatim Sugeng Pujianto menuturkan, jalur Surabaya–Malang tergolong jalur padat. Jalur tersebut ratarata dilewati 18 ribu–20 ribu kendaraan per hari. Karena itu, dia mendesak agar jalan tol tersebut bisa segera dituntaska­n dan dioperasik­an secara fungsional. Sebab, pada akhir pekan dan musim liburan, jalur itu semakin padat. ’’Waktu tempuh bisa sampai 6 jam,’’ tuturnya.

Setidaknya, politikus PDIP tersebut menyatakan, Mei mendatang sudah ada kepastian bahwa jalan tol itu bisa beroperasi secara fungsional. Dengan demikian, saat libur Lebaran, jalur tol Pandaan–Malang bisa digunakan pemudik. ’’Sehingga bisa mengurangi kepadatan arus kendaraan,’’ ujarnya.

Selain itu, dia mengingatk­an agar tarif jalan tol tersebut terjangkau bila nanti resmi beroperasi secara komersial. Dia yakin pengguna jalan akan lebih memilih lewat jalan tol karena efisien dari segi waktu. Dampaknya, akses menuju Malang semakin terbuka dan perekonomi­an bisa tumbuh lebih baik.

Sementara itu, Dirut PT Jasa Marga Pandaan Malang Agus Purnomo memastikan, tidak semua ruas jalan tol bisa dioperasik­an secara fungsional pada Juni mendatang. Sebab, masih ada beberapa persoalan yang harus diselesaik­an. Salah satunya, pembebasan lahan yang belum tuntas 100 persen.

’’Putusan dari MA belum turun sehingga seksi II sepanjang 1,4 km belum bisa dikonstruk­si,’’ terangnya saat dimintai konfirmasi kemarin (28/3). Karena itu, jalan tol tidak mungkin tersambung dalam waktu dekat. Seksi II tersebut membentang antara Purwodadi hingga Lawang sepanjang 8,05 km.

Untuk saat ini, diperkirak­an hanya satu seksi yang bisa dioperasik­an secara fungsional. ’’Yang optimistis bisa difungsion­alkan adalah seksi I sepanjang 15 km,’’ jelasnya.

Seksi I tersebut membentang mulai Pandaan hingga Purwodadi. Seksi lain yang belum bisa digunakan adalah Lawang–Singosari (7,1 km), Singosari–Pakis (4,75 km), dan Pakis–Malang (3,113 km).

 ?? MOKHAMAD ZUBAIDILLA­H/JAWA POS RADAR BROMO ?? PENGERJAAN: Proyek pembanguna­n tol Pandaan–Malang seksi I di kawasan Sumbergare­ng–Sukorejo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan.
MOKHAMAD ZUBAIDILLA­H/JAWA POS RADAR BROMO PENGERJAAN: Proyek pembanguna­n tol Pandaan–Malang seksi I di kawasan Sumbergare­ng–Sukorejo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia