Jawa Pos

Bisa Mangkrak setelah Piala Dunia

-

RUSIA menyediaka­n total 12 stadion untuk menggeber Piala Dunia tahun ini. Selama turnamen berlangsun­g, semua stadion dipastikan terpakai. Sebab, jadwal tersusun mulai fase grup hingga final. Lalu, bagaimana nasib stadion setelah Piala Dunia berakhir?

Beberapa stadion memang mangkrak setelah pergelaran Piala Dunia berakhir. Misalnya, Fisht Olympic Stadium di Sochi serta Central Stadium di Yekaterinb­urg.

Untuk Fisht Olympic, fungsi awalnya memang untuk Olimpiade dan Paralimpia­de Musim Dingin 2014. Setelah dua event itu berakhir, stadion yang berkapasit­as 48 ribu penonton tersebut diubah menjadi stadion sepak bola.

Perubahan mendadak itu bisa berimbas pada mubazirnya dana yang sudah dikeluarka­n. Sebab, stadion tersebut hanya menjadi home base tim Liga 3 Rusia FC Sochi yang baru lahir pada 2013. Hal itu diperparah dengan antusiasme warga Sochi terhadap sepak bola yang tidak setinggi tetangga mereka, Krasnodar.

Apalagi, menjelang Piala Dunia 2018, dilakukan beberapa renovasi dan penambahan fasilitas bagi stadion yang diresmikan pada 2013 tersebut. Misalnya, pemasangan detektor logam supersensi­tif di 170 pos pemeriksaa­n berlapis baja di stadion. Selain itu, mesin X-ray dan kamera CCTV akan disebar di seluruh penjuru stadion.

’’Kami berharap penonton bisa menikmati pengalaman olahraga yang luar biasa,” ucap Menteri Olahraga Rusia Liudmila Chernova, sebagaiman­a dilansir Daily Star. ’’Kami juga ingin seluruh penonton berada di lingkunan yang aman dan nyaman,’’ imbuhnya.

Faktor lain yang membuat Fisht Olympic bakal mangkrak adalah susah dan mahalnya biaya transporta­si. Setidaknya dibutuhkan tiga penerbanga­n dari Repino, Saint-Petersburg, dan menempuh jarak sekitar 5.000 km untuk tiba di stadion yang juga menjadi venue laga perempat final Piala Dunia itu.

 ?? YURI KOCHETKOV/EPA ?? SUNYI: Warga Sochi memancing di sungai kecil dekat Stadion Fisht Olympic yang menjadi salah satu venue Piala Dunia 2018.
YURI KOCHETKOV/EPA SUNYI: Warga Sochi memancing di sungai kecil dekat Stadion Fisht Olympic yang menjadi salah satu venue Piala Dunia 2018.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia