Jawa Pos

Tes Alergi sebelum Semprotkan Parfum

-

SURABAYA – Parfum menjadi salah satu item untuk menunjang penampilan. Rasa percaya diri timbul karena badan yang harum. Tak hanya untuk orang dewasa, parfum pun digunakan anak-anak.

”Saya ajarkan pakai parfum supaya dia terbiasa menjaga penampilan sejak kecil,” ujar Lina. Menurut dia, pewangi tersebut diperlukan karena anak-anak memiliki tingkat aktivitas fisik tinggi.

Parfum anak kecil berbeda dengan orang dewasa. ”Pilihan aromanya lebih lembut. Biasakan ada seri-seri yang disesuaika­n dengan

range umur anak,” kata Asisten Manajer Zara Angelina Prawira di Pakuwon Mall kemarin (28/3).

Valencia Camisha, 9, kemarin datang ke outlet untuk mencari parfum. Dia memilih bau lychee yang segar.

Alkohol ada di hampir setiap bahan kimia yang dipakai seharihari. Mulai antiseptik, kosmetik, hingga wewangian. Sayangnya, untuk sebagian orang, paparan alkohol bisa mengakibat­kan reaksi di kulit. ”Bagi para orang tua, penting memilih parfum atau cologne anakanak yang less alcohol,” jelas dr Achmad Yuniari Heryana SpA.

Menurut dokter yang praktik di RS National Hospital itu, hal utama yang menjadi pertimbang­an saat akan memberikan parfum kepada anak adalah karakteris­tik kulit mereka. ”Kulit bayi, apalagi, cenderung tipis dan gampang mengalami iritasi. Kulit mereka rentan sekali mengalami dermatitis kontak iritan,” katanya.

Anak-anak dan bayi juga sangat jarang terpapar bahan-bahan kimia. Karena itu, kulit mereka rentan mengalami alergi. Jadi, lanjut dia, para orangtua sebaiknya menghindar­i par fumyang mengandung alkohol dan sejenisnya.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? COBA DULU: Valencia Camisha (kanan) menjajal parfum. Untuk anak, pilih parfum yang kandungan alkoholnya rendah.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS COBA DULU: Valencia Camisha (kanan) menjajal parfum. Untuk anak, pilih parfum yang kandungan alkoholnya rendah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia