Jawa Pos

Berharap Banyak Kemudahan Pengembang­an Kota

-

SURABAYA – Tahun ini pengembang­an di wilayah barat Surabaya bakal semakin pesat. Hal itu berjalan paralel dengan proyek untuk menyambung Jalan Lingkar Luar Barat (JLLB) sisi selatan dengan utara. Akses dari barat juga dibangun dengan mewujudkan underpass Satelit.

Realestat Indonesia (REI) Jatim membahas kelanjutan rapat underpass. Saat ini proyek itu mencapai lebih dari 50 persen. Overpass untuk pengalihan arus juga sudah selesai dibangun. Namun, terowongan untuk underpass belum tersambung. ’’Kami jadwal ulang proyek itu,’’ jelas Ketua REI Jatim Danny Wahid.

Proyek tersebut dibangun seluruhnya oleh pengembang. Pemkot tak mengeluark­an APBD sepeser pun untuk merealisas­ikan

underpass pertama di Surabaya itu. Namun, Danny berharap ada kemudahan perizinan untuk pengembang di wilayah Surabaya Barat. ’’Kami harapkan ada red carpet untuk para penyumbang,’’ lanjutnya.

Ketika perizinan pengembang­an dipermudah, cash flow atau perputaran uang perusahaan semakin bergeliat. Jika sudah begitu, Danny yakin para pengembang antusias mempercepa­t realisasi underpass Satelit.

Wilayah Surabaya Barat memang memiliki banyak potensi pengembang­an. Ada ribuan hektare tanah kosong yang siap dikembangk­an. Rencananya ada kawasan perkotaan baru di kawasan yang selama ini dianggap blank

spot karena belum dimanfaatk­an. Sementara itu, Sekretaris Daerah Surabaya Hendro Gunawan menyambut baik rencana pengembang untuk merealisas­ikan underpass Satelit. Pemkot juga tak akan mempersuli­t para pengembang. ’’Amin. Kami sepakat asal sesuai ketentuan,’’ ujar mantan kepala badan perencanaa­n pembanguna­n kota (bappeko) itu.

 ?? DOK JAWA POS ?? PENCAKAR LANGIT: Gedung-gedung bertingkat di kawasan Surabaya Barat. Pemkot menjanjika­n prioritas pelayanan kepada pengusaha-pengusaha di sana.
DOK JAWA POS PENCAKAR LANGIT: Gedung-gedung bertingkat di kawasan Surabaya Barat. Pemkot menjanjika­n prioritas pelayanan kepada pengusaha-pengusaha di sana.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia