Jawa Pos

BK Beres, APK Belum Tuntas

Kampanye Sudah Lima Pekan, Atribut Masih Dibikin

-

SURABAYA – Meski masa kampanye telah memasuki pekan kelima, problem atribut untuk sosialisas­i pasangan calon (paslon) tak kunjung beres. Hingga kini masih terlihat atribut-atribut ilegal. Ironisnya, atribut resmi bikinan KPU malah belum didistribu­sikan seluruhnya. Pemicunya, proses produksi semua jenis atribut belum tuntas.

Problem itu tak lepas dari sejumlah persoalan yang muncul di tahap penyusunan desain dari tim kampanye paslon. Untuk bahan kampanye (BK), misalnya, KPU Jatim mendistrib­usikan atribut jenis itu ke seluruh tim pemenangan kandidat pilgub. Baik tim Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak maupun Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno. Namun, untuk tahap awal, belum seluruh BK terdistrib­usi ke setiap tim pemenangan. Demikian juga bahan sosialisas­i (BS) yang nanti disebar ke masyarakat. Sampai saat ini proses produksi masih berlangsun­g.

Hal yang sama terjadi pada alat peraga kampanye (APK). Sampai kemarin pemasangan atribut kampanye jenis itu belum merata di semua kabupaten/kota di Jatim. Sebab, pengadaan APK di KPU kabupaten/kota berbedabed­a. Ada yang sudah; ada juga yang baru mulai.

Ambil contoh di Pasuruan. KPU setempat baru menyelesai­kan fase lelang pada 19 Maret lalu. Saat ini proses produksi baru berlangsun­g. Targetnya akhir bulan sudah terpasang. Memang ada daerah yang telah memulai tahap pemasangan APK. Misalnya Ngawi yang sudah memulai pada 14 Maret lalu.

Komisioner KPU Jatim Gogot Cahyo Baskoro menyebutka­n, pengadaan APK memang butuh waktu. Sebab, jika nominalnya melebihi Rp 200 juta, pemilihan rekanan harus dilelang. ”Ada juga yang langsung penunjukan. Namun, mayoritas saat ini sudah terpasang secara bertahap,” katanya.

Produksi maupun pemasangan APK diserahkan kepada KPU kabupaten/kota masing-masing. Tercatat, ada tiga jenis atribut kampanye jenis ini. Sebenarnya, bakal molornya distribusi APK sudah bisa diprediksi. Maklum, pembuatan desain atribut kampanye dari para tim pemenangan kandidat juga berlangsun­g lama. Seluruh desain atribut kampanye itu baru disahkan akhir Februari lalu.

 ?? ERIE DINI/JAWA POS ??
ERIE DINI/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia