Jawa Pos

Bukan Wali Kota atau Gubernur Meksiko Yang Ditampar Trump

-

HOAX soal Presiden Amerika Serikat Donald Trump berikut masih sebatas menyebar dalam bahasa Inggris. Namun, tak tertutup kemungkina­n bakal ada versi bahasa Indonesia-nya. Ya, kali ini menyangkut sebuah video yang menyebutka­n bahwa Trump menampar wali kota Mexico City.

Beberapa hari terakhir, video itu banyak tersebar di YouTube. Dalam video tersebut, tampak Trump menampar seorang pria. Ada yang menyebut pria itu merupakan wali kota Mexico City. Tapi, ada juga yang menyebutny­a sebagai governor of Mexico. Mungkin yang mendasari tersebarny­a hoax tersebut adalah hubungan dua negara bertetangg­a itu yang sedang panas.

Faktanya, pria yang ditampar Trump sama sekali tidak berkaitan dengan pejabat di Meksiko. Pria dalam video tersebut ternyata Direktur Eksekutif World Wrestling Entertainm­ent (WWE) Vince McMahon.

Video itu sebenarnya bukan barang baru. Dari data Getty Images, yang tergambar dalam video tersebut merupakan rangkaian acara konferensi pers untuk WrestleMan­ia 23 yang dihelat di Trump Tower, New York, pada 28 Maret 2007.

”Donald Trump menampar Vince McMahon di Donald Trump and World Wrestling Entertainm­ent News Conference untuk WrestleMan­ia 23 di Trump Towers, New York, New York, pada 28 Maret 2007,” bunyi caption video milik Getty Images.

Dalam video itu, Trump memang menampar McMahon. Tamparan tersebut mendarat di pipi McMahon karena sepertinya mereka terlibat saling ejek. Namun, sepintas tamparan itu hanyalah drama. Beberapa bloger Amerika juga curiga adegan tersebut dilakukan hanya untuk memeriahka­n acara.

”Tentu saja itu semua bagian dari pertunjuka­n. Apa kamu masih tidak tahu bahwa gulat itu palsu?” tulis pemilik blog jj-jack.blogspot.com dalam tulisan yang diunggahny­a pada 30 Maret 2007.

Seperti dikutip dari prowrestli­ng.wikia.com, Trump selama ini memang akrab dengan dunia olahraga bantingban­tingan tersebut. Dia dikenal sebagai fans World Wrestling Entertainm­ent atau WWE. Trump pernah menyelengg­arakan acara WrestleMan­ia di Trump Tower.

Selain adegan menampar itu, Trump pernah mencukur rambut McMahon. Sebab, Trump dan McMahon bertaruh. Karena pegulat jagoan McMahon kalah, akhirnya Trump mencukur gundul bos WWE tersebut.

 ??  ??
 ?? WAHYU KOKANG/JAWA POS ??
WAHYU KOKANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia