Jawa Pos

Safari, Sampaikan Kritik dan Pemikiran

-

PADALARANG – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengunjung­i masyarakat Jawa Barat kemarin (30/3). Menggunaka­n label Prabowo Menyapa Warga Jawa Barat, mantan Danjen Kopassus itu melontarka­n berbagai pandangan, termasuk kritik kepada pemerintah­an saat ini.

Salah satu kritik yang dilontarka­n terkait dengan pengelolaa­n sumber daya alam. Prabowo menyebut Indonesia adalah negara kaya sumber daya alam (SDA) yang kekayaanny­a diambil bangsa lain. Meski demikian, dia tidak lantas menyalahka­n asing. Yang perlu segera dilakukan adalah koreksi diri.

”Tidak ada salahnya mengoreksi diri. Bangsa yang lemah yang tidak mau mengoreksi diri,” ujarnya kepada masyarakat yang menghadiri acara di Mason Pine Hotel, Kota Baru Parahyanga­n, Kabupaten Bandung Barat, itu.

Prabowo menilai sudah beberapa tahun terakhir sistem ekonomi dan politik di Indonesia keliru. Namun, tak ada satu pun ketua partai politik yang berani mengatakan hal tersebut selain dirinya.

”Ada gak ketua partai politik lain yang berani mengatakan itu? Makanya, elite-elite di Jakarta itu nggak suka pada Prabowo. Dan Prabowo Subianto juga nggak suka kepada mereka. Untuk itu, saya lebih suka bicara langsung dengan rakyat daripada dengan orang di sanasana itu,” paparnya sambil disambut tepuk tangan hadirin yang hadir.

Prabowo juga mengaku siap memper- tanggungja­wabkan apa yang selalu dikatakann­ya. Sebab, apa yang diutarakan sesuai dengan data dan fakta. Itu pun diperkuat dari sumber badan resmi di pemerintah­an.

”Dari badan-badan tersebut, bahwa setengah kekayaan Indonesia dikuasai hanya oleh 1 persen rakyat ini. Yang lebih parah, yang satu persen ini menguasai 80 persen tanah,” tegasnya.

Di luar berbagai pandangann­ya, Prabowo juga menyampaik­an bahwa saat ini sedang melakukan perjalanan keliling Provinsi Jawa Barat. Safari akan dilanjutka­n ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. ”Saya terus akan keliling 27 kabupaten/ kota seluruh Jawa Barat dan akan saya datangi. Setelah itu, ke Jawa Tengah dan Jawa Timur,” ungkapnya.

 ?? ACHMAD NUGRAHA/JABAR EKSPRES ?? KELILING: Prabowo Subianto berbicara dalam acara Prabowo Menyapa Warga Jawa Barat di Hotel Mason Pine, Kota Baru Parahyanga­n, kemarin.
ACHMAD NUGRAHA/JABAR EKSPRES KELILING: Prabowo Subianto berbicara dalam acara Prabowo Menyapa Warga Jawa Barat di Hotel Mason Pine, Kota Baru Parahyanga­n, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia