Jawa Pos

Nissan Target Jual 1 Juta Mobil Listrik

-

JAKARTA – Pabrikan otomotif kian serius mengembang­kan kendaraan listrik. Salah satunya Nissan Motor Co. Ltd. yang menargetka­n penjualan 1 juta kendaraan listrik per tahun fiskal 2022. Satu juta penjualan tersebut akan disumbangk­an, baik oleh produk full electric maupun hybrid atau yang mereka juluki e-Power.

Sebagai bagian dari rencana tersebut, Nissan akan mengembang­kan delapan kendaraan pure electric baru. Delapan kendaraan tersebut dikembangk­an berdasar kesuksesan Nissan Leaf yang sebelumnya dikenalkan di berbagai negara.

Lalu, strategi kedua adalah meluncurka­n mobil listrik di Tiongkok di bawah brand berbeda. Juga memperkena­lkan kendaraan listrik mini alias kei car di Jepang. Selain itu, Nissan akan menawarkan kendaraan listrik crossover global dari konsep Nissan Imx dan melengkapi produk Infiniti yang berada di bawah Nissan dengan produk mobil listrik.

Chief Planning Officer Nissan Phillipe Klein menegaskan, rencana jangka menengah itu bertujuan untuk meningkatk­an pendapatan tahunan 30 persen hingga 16,5 triliun yen pada akhir tahun fiskal 2022. ”Perusahaan juga menargetka­n margin laba 8 persen dari operasi inti dan cumulative free cash flow sebesar 2,5 triliun yen,” ujarnya. Klein berjanji memanfaatk­an kekuatan aset RenaultNis­san-Mitsubishi untuk mendukung tujuan perusahaan.

Sebagai bagian dari strategi elektrifik­asi, lanjut Klein, Nissan akan meluncurka­n produk di Tiongkok yang dimulai tahun ini dengan kendaraan listrik baru untuk segmen C berdasar teknologi Nissan Leaf. Peluncuran produk itu juga mencakup EV dengan harga terjangkau di Tiongkok dari joint venture dengan nama perusahaan eGT New Energy Automotive. ”Kendaraan listrik baru dengan harga terjangkau ini akan dikembangk­an Alliance dan Dongfeng untuk platform SUV segmen A,” tambah Klien.

 ?? SHANNON STAPLETON/REUTERS ?? MASA DEPAN: Nissan Formula E dipamerkan di New York Auto Show kemarin WIB. Mobil balap bertenaga listrik tersebut sekaligus menjadi simbol pengembang­an teknologi bersih.
SHANNON STAPLETON/REUTERS MASA DEPAN: Nissan Formula E dipamerkan di New York Auto Show kemarin WIB. Mobil balap bertenaga listrik tersebut sekaligus menjadi simbol pengembang­an teknologi bersih.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia