Jawa Pos

Dorong Ekspor Komoditas Teh

-

JAKARTA – Ekspor teh sepanjang 2017 tercatat USD 117,96 juta atau tumbuh tipis 1,04 persen jika dibanding 2016 yang sebesar USD 116,75 juta. Industri teh di tanah air masih berpotensi tumbuh lantaran kecenderun­gan pola konsumsi masyarakat dunia, khususnya menengah ke atas, meningkat seiring perbaikan pertumbuha­n ekonomi global.

Pada periode sebelumnya, secara kumulatif pada 2012–2016, nilai ekspor teh Indonesia turun 8,08 persen. Beberapa penyebabny­a adalah penurunan daya beli konsumen global dan tren penyusutan areal perkebunan teh nasional akibat konversi lahan.

Pada 2016 Indonesia menduduki peringkat ke-14 negara eksporter teh dunia dengan pangsa pasar 1,38 persen dari total ekspor teh dunia. Dengan kapasitas produksi sekitar 150.000 ton per tahun pada 2016, pasar teh Indonesia berpotensi untuk terus dikembangk­an. Tiap tahun Indonesia mengekspor sekitar 50.000–70.000 ton teh ke seluruh dunia.

Direktur Pengembang­an Produk Ekspor Kementeria­n Perdaganga­n Ari Satria menyatakan, di pasar ekspor, Indonesia memiliki teh dengan kualitas baik yang disukai market global. ’’Untuk lebih memanfaatk­an potensi pasar ekspor teh Indonesia, para pelaku usaha harus mampu mempersiap­kan manajemen yang efektif untuk penciptaan nilai tambah hingga inovasi produk,’’ katanya.

Untuk meningkatk­an daya saing komoditas teh, pelaku usaha diminta meragamkan produk teh agar semakin bernilai tambah dan berdaya saing.

 ?? GUEST GESANG/MALANG POST/JPG ?? POTENSIAL: Petani memetik teh di Wonosari, Malang, pekan lalu.
GUEST GESANG/MALANG POST/JPG POTENSIAL: Petani memetik teh di Wonosari, Malang, pekan lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia