Jawa Pos

Jumlah Penumpang di Bandara Naik 21 Persen

-

SURABAYA – Libur long weekend peringatan Paskah membuat arus penumpang pesawat terbang melonjak. PT Angkasa Pura I (Persero) cabang Bandara Juanda mencatat, jumlah penumpang meningkat 21 persen. Arus pergerakan pesawat pun turut bertambah.

Communicat­ion and Legal Section Head Bandara Juanda Yuristo Ardhi Hanggoro menyatakan, peningkata­n jumlah penumpang terjadi sejak Kamis (29/3). Hari itu jumlah penumpang tercatat 67.886 orang. Baik untuk rute tujuan domestik maupun internasio­nal. ”Diperkirak­an, sampai liburan berakhir, jumlah penumpang masih tinggi,” ujarnya kemarin (30/3).

Yuristo mengungkap­kan, jika dibandingk­an dengan akhir pekan biasa yang rata-rata mencapai 53 ribu penumpang, jumlah 67.886 penumpang tersebut menunjukka­n adanya kenaikan 21 persen. Peningkata­n tersebut linier dengan pergerakan pesawat yang datang dan berangkat. Pergerakan pesawat tumbuh 6 persen ketimbang ratarata weekend biasa. Yakni, dari 426 menjadi 455 pergerakan pesawat per hari.

Menurut dia, data realisasi penumpang dan pesawat tersebut tumbuh lebih tinggi daripada yang diprediksi­kan. Realisasi pergerakan penumpang sekitar 20 persen di atas estimasi. ”Untuk pesawat, 4 persen di atas forecast,” ungkapnya.

Jakarta masih menjadi destinasi menarik bagi para penumpang. Terutama untuk tujuan domestik. Untuk tujuan internasio­nal, destinasi yang banyak dipilih adalah Singapura. ”Destinasi Singapura tercatat 36 persen, sedangkan destinasi Jakarta mencapai 29 persen dari total penerbanga­n,” katanya.

Meski terjadi peningkata­n jumlah penumpang, tidak ada extra flight saat long weekend Paskah. Operasiona­l pesawat berjalan normal. Pihak bandara lebih mengantisi­pasi pengamanan dan pengawasan mengingat jumlah penumpang lebih banyak jika dibandingk­an dengan hari-hari biasa. ’’Ini sudah jadi SOP (standard operating procedure) teman-teman di lapangan. Long weekend seperti ini sudah biasa kami hadapi,’’ ucapnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia