Jawa Pos

Hendak Mencuri, Ibu Tujuh Anak Tertangkap

-

SEORANG ibu rumah tangga (IRT) yang tinggal di lingkungan Krajan, Kelurahan Giri, Banyuwangi, ditangkap petugas polsek setempat kemarin. Perempuan bernama Sri Agustini, 36, itu tepergok hendak mencuri di rumah tetanggany­a, Bintang Tri Agusta, 28.

Kejadian bermula ketika pemilik rumah terganggu dengan suara berisik dini hari itu. Dia pun langsung bangun dari tidurnya dan memeriksa sumber suara. Ternyata Bintang mendapati tetanggany­a, Sri Agustini, yang tengah berusaha membuka paksa jendela rumahnya. Bintang langsung berteriak. Tidak lama, beberapa warga langsung berkumpul dan mengepung pelaku yang masih berada di lokasi sambil membawa obeng.

Petugas yang datang lantas menggiring ibu tujuh anak tersebut ke Mapolsek Giri. ’’Tindakanny­a masuk percobaan pencurian. Langsung kami amankan saat itu juga,’’ ujar Kapolsek Giri AKP Jodana Gunadi.

Meski sudah menangkap pelaku, aparat kepolisian masih berupaya mengambil langkah humanistis kepada pelaku. Berdasar penyelidik­an di lapangan, pelaku adalah ibu tujuh anak. Empat anak di antaranya diasuhnya sendiri, sedangkan tiga lainnya diurus saudaranya.

Di antara empat anak yang diasuh sendiri, salah seorang anaknya masih menyusui. Pihak polsek masih berupaya memediasi korban dan warga setempat terkait dengan kasus tersebut. ’’Kami coba panggil pemilik rumah dan keluargany­a, termasuk RT dan RW sekitar. Sebab, dari kajian kami, latar belakang perempuan ini adalah orang tidak mampu dan mengasuh empat anak. Secara pidana sudah memenuhi, tapi kami bakal coba sikapi bagaimana bijaknya,’’ kata Jodana.

Berdasar informasi yang diperoleh Jawa Pos Radar Banyuwangi, tindakan Sri bukanlah yang pertama. Sebelumnya, dia melakukan percobaan pencurian yang sama di tempat tinggalnya di lingkungan Krajan, RT 03, RW 01, Kelurahan Giri. Saat itu warga juga menangkap ibu rumah tangga tersebut, bahkan dibawa ke kelurahan.

 ?? ILUSTRASI: CHIS/JAWA POS ??
ILUSTRASI: CHIS/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia