Jawa Pos

Ayo, Pesta di Allianz Arena

-

MUENCHEN – Jangan tanyakan berapa kali Bayern Muenchen menjuarai Bundesliga. Sebab, Die Roten akan mempertaja­m rekornya dengan gelar ke-28 musim ini. Tetapi, hitung berapa kali Bayern mampu menggelar pesta juara Bundesliga-nya di Allianz Arena. Sebab, itu belum pernah terjadi.

Nah, kans terbesar menyudahi kutukan Schlauchbo­ot –julukan Allianz Arena– itu bakal terjadi malam nanti WIB. Momentum tersebut akan lebih istimewa. Sebab, lawan mereka dalam duel pada pekan penentuan malam nanti adalah

Borussia Dortmund (siaran langsung FOX Sports pukul 23.30 WIB).

Ya, Bayern bisa mengunci gelar jika memenangi duel Der Klassiker –julukan duel klasik– edisi ke-117 nanti. Dan dalam laga beberapa jam sebelumnya, Schalke 04 gagal menaklukka­n Freiburg. ’’Setahu saya, Dortmund takkan datang ke Allianz untuk kalah,’’ ucap Jupp Heynckes, der trainer Bayern, sebagaiman­a dikutip situs resmi klub.

Fakta menjadi dasar Heynckes. Di Bundesliga, di antara 12 laga menjamu Dortmund, tiga kali Die Borussen menodai Allianz Arena. Kali terakhir itu terjadi pada 12

April 2014 dengan kekalahan telak 0-3. ’’Inilah fase terpanas Bundesliga kami,’’ lanjut Heynckes yang mengoleksi tiga trofi Bundesliga di Saebener Strasse.

Heynckes masih belum 100 persen yakin kutukan pesta di Allianz Arena bakal tuntas musim ini. Sejak 2005–2006, Bayern lebih banyak merayakan pesta juara Bundesliga-nya justru di Olympiasta­dion, Berlin, markas Hertha Berlin. Yakni, tiga kali. Terakhir momen itu (pesta di markas Hertha) terjadi saat penentuan musim 2014–2015.

Namun, Heynckes juga punya motivasi tambahan. Mengalahka­n Dortmund malam nanti bakal menyamai capaiannya di Bundesliga 2012– 2013. Saat itu Bayern mengunci gelar pada spieltag ke-28. Atau, sama dengan total spieltag yang akan dia jalani malam nanti. ’’Kami tidak ingin menunggu lebih lama untuk merayakan gelar ini,’’ sebut bek kanan Bayern Joshua Kimmich, dikutip TZ.

Selain mempertaja­m rekor jumlah trofi juara Bundesliga­nya, Bayern menambah jumlah rekor juara beruntunny­a menjadi enam musim. Dan, capaian itu kali pertama dialami bek mudanya, Niklas Suele. ’’Seperti mimpi, bisa terlibat dalam perayaan juara klub seperti Bayern,’’ harap Suele, dikutip Sport 1.

Hanya, Peter Stoeger sebagai der trainer Dortmund sudah punya rencana untuk menunda pesta Bayern. Seperti dilansir Kicker,

Marcell Schmelzer dkk tidak akan main terlalu terbuka. Tujuannya, memberikan jalan Schalke 04 untuk mereduksi gap poinnya dengan Bayern. Di spieltag ke-27, keduanya masih terpaut 17 poin. ’’Kami takkan biarkan pesta itu mereka lakukan dalam 90 menit. Bundesliga ini masih panjang,’’ klaim Stoeger.

 ??  ?? KEJAR GELAR: Robert Lewandowsk­i (kiri) dan bomber Borussia Dortmund Michy Batshuayi bakal bentrok di Allianz Arena malam nanti WIB.
KEJAR GELAR: Robert Lewandowsk­i (kiri) dan bomber Borussia Dortmund Michy Batshuayi bakal bentrok di Allianz Arena malam nanti WIB.
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia