Jawa Pos

Wow, Rockets Nomor 1!

Pertama dalam Sejarah Kuasai Wilayah Barat

-

HOUSTON – Kekalahan Golden State Warriors oleh Milwaukee Bucks 107-116 di Oracle Arena kemarin membawa Houston Rockets mencetak sejarah. Hasil itu mengantar James Harden cs memastikan diri lolos ke playoff dari wilayah barat dengan predikat pemuncak klasemen sekaligus mengamanka­n home court advantage.

Lolos ke playoff dengan predikat pimpinan klasemen seri reguler adalah yang pertama bagi franchise tersebut sejak mereka berdiri pada 1967. Bahkan, ketika menjadi juara pada 1994 dan 1995, Rockets mengawali playoff hanya dari seeded kedua dan keenam.

Prestasi tim besutan Mike D’Antoni itu juga sekaligus memutus capaian Warriors yang dalam tiga musim terakhir selalu datang ke playoff dengan predikat pimpinan klasemen wilayah barat. ’’Kami lebih baik daripada mereka (Warriors) saat ini,’’ ucap center Rockets kelahiran Swiss Clint Capela dilansir ESPN.

Dengan sama-sama menyisakan tujuh pertanding­an, Rockets kini sudah unggul tujuh kemenangan atas Warriors. Rockets saat ini punya rekor 61-14 (81,3 persen). Sementara Warriors 54-21 (72 persen).

Kedua tim sempat bergantian memimpin wilayah barat. Namun, sejak awal Maret ini, rentetan cedera yang menerjang empat All-Star Warriors membuat mereka akhirnya menyerah dalam persaingan memperebut­kan posisi pertama wilayah barat.

Point guard Stephen Curry sudah pasti bakal absen pada ronde pertama playoff

mulai 14 April mendatang. Sementara itu, Klay Thompson masih harus menunggu pekan depan untuk kembali tampil. Sedangkan Kevin Durant dan Draymond Green baru come back dari cedera masing-masing di laga kontra Bucks kemarin. ’’Kami harus tetap tenang dan fokus,’’ ucap Durant.

Saat Warriors sibuk menyembuhk­an pemain-pemainnya, Rockets terus menggempur setiap lawan. Harden tidak terbendung, menjadi senjata utama tim. Pemain berewok itu hingga saat ini juga menjadi pemain paling produktif di liga dengan torehan 30,7 poin per game.

Dia menambahi catatannya tersebut dengan 8,7 assist dan 5,4 rebound per game. Itu semua membuat Harden hampir pasti tak terbendung untuk menggondol titel Most Valuable Player (MVP) NBA musim ini. Dua musim terakhir dia gagal meraih titel individu tertinggi tersebut meski selalu masuk nominasi.

Di sisi lain, bayang-bayang San Antonio Spurs kembali menemui masa sulit menjelang playoff buyar setelah power forward

LaMarcus Aldridge dipastikan hanya mengalami cedera ringan pada lutut kiri. Dia sempat meninggalk­an lapangan dengan terpincang-pinang dalam laga kontra Washington Wizards (28/3).

Kemarin Aldridge kembali menjadi senjata utama Spurs saat menghajar Oklahoma City Thunder 103-99. Aldridge mengemas 25 poin dan 11 rebound. Hasil itu membuat Spurs merangsek ke peringkat keempat wilayah barat.

 ?? DAVID J. PHILLIP/AP PHOTO ?? TAJAM: James Harden menjadi pemain terpenting Houston Rockets untuk merajai musim reguler wilayah barat NBA 2017–2018. Harden dijagokan menjadi MVP musim ini.
DAVID J. PHILLIP/AP PHOTO TAJAM: James Harden menjadi pemain terpenting Houston Rockets untuk merajai musim reguler wilayah barat NBA 2017–2018. Harden dijagokan menjadi MVP musim ini.
 ?? GRAFIS: ANDREW/JAWA POS ??
GRAFIS: ANDREW/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia