Jawa Pos

Final Dua Bintang Masa Depan

-

MIAMI – Final Miami Open mempertemu­kan dua petenis muda yang sedang naik daun dan juara baru Grand Slam. Mereka adalah kampiun Prancis Terbuka 2017 Jelena Ostapenko dan jawara Amerika Serikat Terbuka 2017 Sloane Stephens. Itu adalah pertemuan pertama keduanya di laga resmi.

Pada laga semifinal, Ostapenko menumbangk­an Danielle Collins (Amerika Serikat) yang secara mengejutka­n mengandask­an perlawanan Venus Williams di perempat final. Ostapenko menang dua set langsung 7-6 (1) dan 6-3. Pada laga lainnya, Stephens melibas Victoria Azarenka tiga set 3-6, 6-2, dan 6-1.

Ostapenko kini menduduki ranking lima dunia. Laga puncak Miami Open merupakan final keenam Ostapenko di WTA Tour sejak karir profesiona­lnya dimulai pada 2012. Saat ini dia memburu gelar ketiganya setelah menjadi kampiun di Prancis Terbuka dan Korea Terbuka. ’’Saat ini saya merasa lebih tenang dan kuat secara mental,’’ ujarnya kepada BBC. ’’Saya lebih konsisten, percaya diri, dan sanggup melancarka­n pukulan tanpa merasa takut gagal,’’ lanjut petenis 20 tahun tersebut.

Sang lawan, Stephens, sekarang berada di peringkat ke-12 dunia. Petenis Amerika Serikat itu sempat melewati masa-masa sulit. Dia harus menepi cukup lama karena cedera kaki. Tahun lalu Stephens kembali ke lapangan dan langsung melaju kencang. Dia juga menciptaka­n banyak kejutan. Yang terbesar adalah menggondol gelar AS Terbuka.

Sayang, setelah itu, perjalanan karir Stephens tak terlalu mulus. Petenis 25 tahun tersebut tidak memenangi satu pun gelar dalam lima bulan. Sebelum di Miami Open, dia hanya mampu bertahan hingga babak ketiga Indian Wells Masters. Sebelum menginjakk­an kaki di final, Stephens bermain impresif dengan menumbangk­an Garbine Muguruza, Angelique Kerber, dan terakhir Victoria Azarenka.

Jika dilihat dari gaya bertarungn­ya, mereka memiliki karakter yang bertolak belakang.

Ostapenko adalah petenis dengan gaya menyerang. Sementara itu, Stephens merupakan seorang counterpun­cher alias bertahan dan menyerang balik.

 ?? WILFREDO LEE-JOE SKIPPER/AP PHOTO ?? NAIK DAUN: Petenis muda Latvia Jelena Ostapenko (kiri) dan Sloane Stephens (Amerika Serikat) akan berhadapan pada final Miami Open 2018. Ini adalah pertemuan perdana mereka di turnamen resmi.
WILFREDO LEE-JOE SKIPPER/AP PHOTO NAIK DAUN: Petenis muda Latvia Jelena Ostapenko (kiri) dan Sloane Stephens (Amerika Serikat) akan berhadapan pada final Miami Open 2018. Ini adalah pertemuan perdana mereka di turnamen resmi.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia