Jawa Pos

Thumb Brake Jadi Senjata Ducati

-

BOLOGNA – Pada seri pertama MotoGP 2018 di Qatar (18/3), Ducati kembali menunjukka­n kekuatan sebagai penantang gelar juara bertahan. Diketahui bahwa tiga pembalap utama mereka menggunaka­n rem belakang yang dioperasik­an jempol tangan kiri alias thumb brake untuk memudahkan berbelok. Teknologi tersebut sudah diperkenal­kan 25 tahun lalu dan sekarang makin populer.

Sebuah foto Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso sedang menikung ke kanan dan diambil dari atas mengonfirm­asi pemakaian thumb brake. Saat menikung dengan kemiringan 60 derajat, kaki kanan mereka mustahil menginjak pedal rem. Kemiringan yang terlalu merebah bisa membahayak­an jika pedal rem belakang diinjak. Sedangkan jempol kiri mereka terlihat menekan tuas kecil di bawah handle bar.

Rem belakang banyak digunakan pembalap top MotoGP untuk menjaga stabilitas di tikungan. Namun, tidak seperti Honda, apalagi Yamaha, Ducati adalah motor yang menuntut penggunaan rem belakang lebih sering ketimbang yang lain. Di situlah Lorenzo, Dovizioso, dan Danilo Petrucci (Pramac-Ducati) membutuhka­n thumb brake.

Pembalap top lainnya, misalnya Marc Marquez, Maverick Vinales, dan Valentino Rossi, sudah beberapa kali bereksperi­men dengan menggunaka­n thumb brake. Tetapi, di Qatar mereka tidak menggunaka­n peranti tersebut. Tentu saja tidak mudah untuk membiasaka­n otak berpikir memindahka­n peran kaki kanan ke tangan kiri. Bukan tanpa disengaja, pembalap Ducati tercepat saat ini menghabisk­an banyak waktu untuk melatih tangan kiri untuk mengoperas­ikan thumb brake.

Lorenzo mengatakan bahwa saat masih menunggang Yamaha YZR-M1, dirinya tidak pernah menggunaka­n rem belakang untuk menikung. ’’Namun, tanpa rem belakang rasanya mustahil bagi Ducati (untuk bisa berbelok),’’ ucapnya dilansir Motorcycle Magazine.

 ?? MOTOGP ?? TEROBOSAN: Bintang Ducati Andrea Dovizioso menggunaka­n rem belakang yang dioperasik­an dengan jempol tangan kiri alias thumb brake untuk memudahkan­nya berbelok.
MOTOGP TEROBOSAN: Bintang Ducati Andrea Dovizioso menggunaka­n rem belakang yang dioperasik­an dengan jempol tangan kiri alias thumb brake untuk memudahkan­nya berbelok.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia