Jawa Pos

Jalan Rusak Resahkan Masyarakat

Warga Pilih Wadul ke Tim Polres Gresik

-

GRESIK – Kerusakan jalan tidak hanya menjadi isu viral di dunia maya. Kepada polisi pun, warga Kota Santri menyampaik­an unek-unek terkait infrastruk­tur yang rusak parah itu. Mereka resah.

Keresahan masyarakat terekam saat tim Gajah Mada Polres Gresik turun ke Desa Prambangan dan Kedanyang, Kebomas. Gajah Mada adalah akronim Gerakan Pencegahan Kejahatan dan Penyelesai­an Masalah Masyarakat Desa. Tim tersebut bertugas merekam kondisi sosial masyarakat.

Nah, Polres Gresik menyampaik­an keluhan masyarakat itu dalam analisis dan evaluasi (anev) di kantor Pemkab Gresik pada Kamis (29/3). Salah satunya, kerusakan jalan alternatif Kebomas– Banjarsari, Cerme. Jalan tersebut rusak karena ada pemasangan pipa gas.

’’Hujan licin, panas berdebu. Kerap timbul kecelakaan,’’ kata pengguna jalan kepada Gajah Mada. Warga meminta aparat segera turun tangan. Selain soal jalan rusak, warga mengeluhka­n pelayanan air PDAM.

Anev dipimpin langsung oleh Kapolres Gresik AKBP Boro Windu Danandito. Hadir waktu itu Bupati Sambari Halim Radianto, Sekretaris Kabupaten Djoko Kapolres Gresik

Sulistioha­di, dan perwakilan Kodim 0817/Gresik.

Menanggapi hal tersebut, Sambari memerintah Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Gunawan Setijadi turun tangan. ’’Saya minta untuk menertibka­n proyek pipa gas yang melintasi wilayah Prambangan. Kalau bisa mulai Senin (2/4),’’ katanya. Sambari mengaku melihat banyak pelanggara­n dalam pemasangan pipa gas itu. ’’Tidak sesuai kesepakata­n,’’ tegasnya.

AKBP Boro Windu menyatakan, tim Gajah Mada hadir di Desa Prambangan untuk merekam kondisi kamtibmas. ’’Tujuannya, menggali potensi permasalah­an. Bila permasalah­an terkait kamtibmas, kami bersama jajaran kodim akan menindakla­njuti,’’ katanya.

’’Sementara itu, untuk permasalah­an sosial kemasyarak­atan dan pembanguna­n, kami rekomendas­ikan kepada pemkab,’’ lanjut Boro Windu.

Permasalah­an sosial kemasyarak­atan dan pembanguna­n kami rekomendas­ikan kepada pemkab.”

AKBP BORO WINDU DANANDITO

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? DIKELUHKAN: Kondisi Jalan Prambangan, Kebomas, yang rusak akibat pemasangan pipa gas.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS DIKELUHKAN: Kondisi Jalan Prambangan, Kebomas, yang rusak akibat pemasangan pipa gas.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia