Jawa Pos

Tambah Gerbong dan Kereta

Layani Lonjakan Penumpang KA

-

SURABAYA – Kereta api (KA) menjadi moda transporta­si pilihan saat liburan. Selama pakansi akhir pekan Paskah ini, jumlah penumpang KA meningkat 10 persen. PT KAI Daop VIII menambah gerbong di tiga KA. Juga mengoperas­ikan satu KA tambahan.

Lonjakan penumpang, antara lain, terlihat di Stasiun Gubeng. Tujuan rata-rata penumpang adalah Jogjakarta dan Jakarta. Manajer Humas PT KAI Daop VIII Gatut Sutiyatmok­o menyebutka­n, kereta tambahan itu adalah KA Sancaka dari Gubeng menuju Jogjakarta.

KA tersebut akan membawa rangkaian delapan gerbong kereta eksekutif. Jumlah tempat duduk 400 kursi.

KA itu akan dioperasik­an pada 31 Maret saja. ”Disiapkan karena permintaan sangat banyak,” ujarnya. Sementara itu, tambahan gerbong diberikan untuk KA Sancaka Surabaya–Jogjakarta. Yaitu, satu gerbong untuk kelas ekonomi new image (premium). KA Gajayana jurusan Malang– Gambir ditambah satu gerbong eksekutif.

Kemudian, KA Jayabaya jurusan Malang–Gubeng–Pasar Senen ditambah satu gerbong kelas ekonomi new image (premium). ”Itu antisipasi peningkata­n jumlah penumpang, terutama libur long weekend,” ujar Gatut.

KA Sancaka Pagi dijalankan mulai 29 Maret hingga 1 April. KA Gajayana dan Jayabaya dijalankan pada 29 Maret dan 1 April. Sedangkan KA Sancaka hanya dijalankan pada 31 Maret. ”Tiket untuk tambahan gerbong belum habis,” katanya.

Menurut Gatut, puncak lonjakan penumpang diperkirak­an terjadi pada 1 April. Dalam sehari, jumlah penumpang mencapai 42 ribuan. Itu untuk seluruh penumpang KA di wilayah Daop VIII. ”Mungkin Senin (2/4) sudah kembali normal,” ujarnya.

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? PADAT: Jumlah penumpang kereta api di Stasiun Gubeng meningkat pada long weekend ini.
GALIH COKRO/JAWA POS PADAT: Jumlah penumpang kereta api di Stasiun Gubeng meningkat pada long weekend ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia