Jawa Pos

Teknisi Cek Ulang Komputer

-

SURABAYA – Seluruh siswa SMK sederajat akan melaksanak­an ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada Senin (2/4). Beberapa sekolah di Kota Pahlawan telah memantapka­n persiapan untuk kelancaran ujian. Salah satunya, dengan mengerahka­n teknisi untuk mengecek ulang komputer yang akan dipakai ujian.

Wakil Kepala Kurikulum SMKN 5 Surabaya Aris Basuki menyatakan, UNBK akan berlangsun­g empat hari. Mulai 2–5 April. Seluruh siswa siap menghadapi ujian. Begitu juga sekolah yang mempersiap­kan penunjang ujian. ”Hari ini (kemarin, Red), tim teknisi kami sudah mengecek ulang komputer yang akan digunakan untuk ujian,” katanya.

Total, ada 612 siswa SMKN 5 yang ikut mengikuti UNBK tahun ini. Ujian itu dilaksanak­an dalam tiga sesi dengan menggunaka­n enam laboratori­um komputer. Untuk laboratori­um 1–5, di setiap ruangan terdapat 39 komputer. Di satu laboratori­um lainnya, disiapkan 20 komputer. ”Semua sudah dicek ulang agar tidak terjadi error saat ujian,” ucapnya.

Ujian itu akan digelar mulai pukul 07.30–09.30, 10.30–12.30, dan 14.00–16.00. Mata pelajaran bahasa Indonesia akan diujikan pada hari pertama. Kemudian, matematika pada hari kedua, bahasa Inggris hari ketiga, dan teori kejuruan hari keempat.

Aris menjelaska­n, UNBK bukanlah penentu kelulusan. SMKN 5 merupakan sekolah khusus empat tahun. Dengan demikian, meski sudah menyelesai­kan USBN dan UNBK, siswa belum bisa dinyatakan lulus karena harus menempuh praktik kerja industri (prakerin) satu tahun. Setelah itu, siswa juga harus melaksanak­an uji sertifikas­i. ”Kalau sekolah umum lulus tiga tahun. Kalau di sekolah kami, lulusnya empat tahun,” ungkapnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia