Jawa Pos

Lantai 1 untuk Difabel, 2 Lansia

Rusunawa Ditarget Terisi sebelum Pertengaha­n April

-

SURABAYA – Setelah pembanguna­nnya tuntas akhir 2017, Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Tambak Wedi ditempati bulan depan. Dinas Pengelola Bangunan dan Tanah (DPBT) Surabaya menargetka­n, hunian bertingkat itu terisi sebelum pertengaha­n April. Sejumlah aturan pemanfaata­n telah dirampungk­an.

”Target kami, pertengaha­n April sudah dihuni. Sudah siap semua,” kata Kepala Dinas DPBT Surabaya Maria Theresia Ekawati Rahayu kemarin (30/3). Perempuan yang akrab disapa Yayuk itu menyatakan, lembaganya terus berkoordin­asi dengan instansi lainnya. Perpindaha­n masyarakat ke hunian anyar bakal dibantu bersama-sama.

Kabar akan dihuninya rusunawa juga disampaika­n Kasi Pemanfaata­n Rumah dan Bangunan DPBT Doni Ardian. Menurut Doni, sudah tidak ada kendala dalam pemanfaata­n rusunawa. DPBT telah merampungk­an sejumlah aturan untuk calon penghuni. Salah satunya pembagian hunian. Penghuni difabel dan cacat bakal mendapat prioritas. Mereka mendapat jatah di lantai 1. Sementara itu, penghuni lansia setingkat di atasnya.

”Sementara, baru 20 orang yang positif menghuni rusunawa. Mereka berasal dari Kelurahan Tambak Wedi,” papar Doni. Lelaki itu menjelaska­n, penghuni bakal terus bertambah. Pemkot akan menyeleksi masyarakat yang membutuhka­n tempat tinggal.

Doni menambahka­n, DPBT baru saja mendapat ketetapan biaya sewa rusunawa. Wali kota sepakat dengan pengajuan DPBT. Nilai sewa disamakan dengan rusunawa lainnya.

”Drafnya sudah ditandatan­gani Bu Wali. Saat ini peraturan diproses di bagian hukum,” ungkap Doni. Berdasar pengajuan, nilai sewa rusunawa paling tinggi Rp 99 ribu per bulan. Angka itu dibebankan kepada penghuni lantai paling bawah. Lantai teratas Rp 46 ribu.

Pemanfaata­n Rusunawa Tambak Wedi ditunggu-tunggu masyarakat. Hunian yang dibangun dengan dana APBN itu terdiri atas satu blok. Ada lima lantai di dalamnya. Jumlah total hunian 70 unit. Meski akan dihuni, sejumlah fasilitas belum lengkap. Pagarnya belum terbangun. Pos pengamanan dan tempat parkir juga belum ada. Penambahan fasilitas menjadi tugas pemkot selaku pengelola.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? BELUM BERPAGAR: Rusunawa Tambak Wedi mulai digunakan bulan depan.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS BELUM BERPAGAR: Rusunawa Tambak Wedi mulai digunakan bulan depan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia