Jawa Pos

Daya Saing UINSA Mencapai 1:15

- Pendaftara­n SPAN PTKIN Ditutup

SURABAYA – Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) semakin disibukkan dengan proses seleksi penerimaan calon mahasiswa baru. Pendaftara­n jalur seleksi prestasi akademik nasional (SPAN) ditutup pada Kamis (29/3) pukul 23.59. Pihak PTKIN mulai melakukan seleksi penerimaan berdasar data panitia pusat.

Salah satunya terlihat di Universita­s Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA). Total pendaftar universita­s yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani itu mencapai 21.328 orang. Angka tersebut meliputi 11.637 orang dalam pilihan pertama (PTKIN 1) dan 9.691 orang pada pilihan kedua (PTKIN 2). ”Jumlah tersebut sudah melampaui kuota yang kami sediakan,” ungkap Wakil Rektor 1 UINSA Syamsul Huda kemarin (30/3).

Prodi favorit tidak berbeda jauh daripada tahun-tahun sebelumnya. Jumlah pendaftar paling banyak berada di prodi ekonomi syariah (8.111 pendaftar), pendidikan agama Islam (5.010 pendaftar), serta bimbingan dan konseling Islam (3.433 pendaftar).

Proses selanjutny­a adalah seleksi yang dilakukan PTKIN masingmasi­ng sesuai dengan kuota yang ditetapkan. Jumlah pendaftar pada pilihan pertama sudah dirasa cukup tinggi. ”Sudah melebihi kuota dan daya saingnya cukup ketat,” jelasnya. Karena itu, peluang penerimaan pada pilihan kedua terbilang kecil.

Proses seleksi dibagi menjadi dua tahap. Seleksi tahap pertama dilakukan pada 9–14 April. Lalu, seleksi tahap kedua pada 18–25 April. Hasil seleksi akan diumumkan 1 Mei mendatang.

Pendaftara­n SPAN hampir sama dengan SNM PTN. Sekolah mengisi pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) ke dalam website resmi. Setelah itu, sistem menyeleksi nilai siswa yang sudah dimasukkan sekolah. Dalam SPAN, prestasi bidang keagaaman menjadi poin penting.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia