Jawa Pos

Ribuan Umat Beribadah dengan Khidmat

-

SIDOARJO – Rangkaian acara Paskah di gereja adalah ibadah Jumat Agung yang dilaksanak­an kemarin (30/3). Di beberapa gereja, ibadah tersebut diikuti ribuan umat. Misalnya, di Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Elohim Sidoarjo. Ada 1.300 jemaat yang mengikuti ibadah sesi pertama. Mereka berdatanga­n ke gereja di Jalan Kombespol M. Duryat itu mulai pukul 15.00. Setengah jam sebelum ibadah pertama dimulai.

Ibadah tersebut diikuti dengan khidmat. Pujian dikumandan­gkan dengan sepenuh jiwa. Lagu Kuasa Salib-Mu menggema dari dalam gereja. Pendeta Franklin P. Lumoindong kemudian menyampaik­an khotbah mengenai tujuh perkataan Yesus saat disalib. Melalui setiap perkataan itu, jemaat dapat belajar bagaimana merespons setiap situasi dalam kehidupan.

Salah satunya adalah perkataan tentang pengampuna­n kepada orang lain. ’’Tuhan Yesus mengajarka­n untuk senantiasa melepaskan pengampuna­n kepada setiap orang,” katanya. Hal itu sesuai dengan tema Paskah kali ini, yaitu Look to Jesus.

Isaac Purwono dari departemen pelayanan GPdI Elohim menuturkan, tema tersebut memiliki arti yang dalam. Diharapkan, jemaat tak sekadar melihat dan paham, tetapi juga mampu meneladani sikap Yesus. ”Contohnya, tentang pengorbana­n,” ucapnya.

Dalam ibadah itu, ada penampilan paduan suara anak dan dewasa, yaitu E Choir. Ada pula perjamuan kudus. Ibadah Paskah akan dilaksanak­an Minggu (1/4) mulai pagi hari.

Ibadah serupa dilaksanak­an di gereja lain di Kota Delta. Misalnya, Gereja Santa Maria Annuntiata. Tiga sesi ibadah diselengga­rakan di gereja tersebut mulai pukul 12.00. Tiap ibadah juga dihadiri ribuan orang. ’’Ibadah sore mulai pukul 13.00 ada di angka 2.800,” ujar Ronaldo Agustinus, ketua panitia Paskah.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? MENJELANG PASKAH: Paduan suara GPdI Elohim Sidoarjo membawakan lagu rohani saat beribadah dengan tema Look to Jesus tadi sore.
BOY SLAMET/JAWA POS MENJELANG PASKAH: Paduan suara GPdI Elohim Sidoarjo membawakan lagu rohani saat beribadah dengan tema Look to Jesus tadi sore.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia