Jawa Pos

Eksekutif Condong ke KPBU

Lebih Efisien untuk RSUD Barat

-

SIDOARJO – Eksekutif akhirnya memaparkan skema lain untuk pembanguna­n RSUD wilayah barat. Yakni, menggunaka­n dana APBD dan pinjaman ke pihak ketiga. Berdasar paparan di ruang rapat paripurna DPRD Sidoarjo kemarin (30/3), eksekutif menegaskan bahwa skema pembiayaan kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) jauh lebih efektif dan efisien.

Eksekutif juga menyebut biaya pembanguna­nnya lebih ’’murah’.’ Dengan RSUD berkapasit­as 191 tempat tidur, KPBU ’’hanya’’ membutuhka­n Rp 276 miliar plus Rp 95 miliar untuk alat kesehatann­ya. Sementara itu, dengan APBD atau pinjaman, dibutuhkan anggaran Rp 302 miliar plus Rp 104 miliar untuk alat kesehatann­ya. ’’Bila menggunaka­n skema KPBU lebih murah Rp 36 miliar,’’ kata Kepala Bappeda Sidoarjo Agoes Boedi Tjahjono.

Terkait biaya, dengan sistem KPBU, semua pengeluara­n ditanggung swasta. Pemkab akan mencicil sekitar Rp 197 miliar selama sepuluh tahun. Pembayaran tersebut dipotong dari pendapatan. Kekurangan­nya baru diambilkan dari APBD. ”Tahun pertama pendapatan dipatok Rp 111,6 miliar. Jadi, pemkab harus membayar sekitar Rp 86 miliar untuk tahun pertama,’’ ujarnya.

Sementara itu, legislatif menyambut positif paparan eksekutif. Namun, itu tidak sertamerta membuat dewan langsung setuju dengan skema KPBU. ’’Estimasi pendapatan juga tidak realistis,’’ jelas Ketua Fraksi PAN DPRD Sidoarjo Bangun Winarso.

Dia mencontohk­an RSUD Sidoarjo. Dengan 710 tempat tidur, RSUD Sidoarjo memperoleh pendapatan Rp 370 miliar. Pendapatan tersebut baru didapat setelah beroperasi bertahun-tahun. ’’Apa betul RSUD wilayah barat yang baru berdiri langsung mendapatka­n Rp 111 miliar. Padahal, hanya tipe C dan tempat tidurnya di bawah 200,’’ tanya Ketua Fraksi Golkar Bintang Persatuan Hadi Subiyanto.

Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan pun mengambil jalan tengah. Pembahasan akan dilakukan lagi dalam beberapa tahap. ’’Dari situlah, keputusan nanti diambil,’’ ungkapnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia