Jawa Pos

Cegah Kecurangan, Pasang Plang Tarif

-

SURABAYA – Dinas perhubunga­n (dishub) bakal menambah jumlah plang tarif parkir di beberapa titik parkir tepi jalan umum (TJU). Penambahan plang itu bertujuan menekan pelanggara­n retribusi oleh juru parkir (jukir) nakal.

Kepala UPT Parkir Tepi Jalan Umum Dishub Tranggono Wahyu Wibowo menjelaska­n, tambahan plang tarif parkir dipasang mulai Mei mendatang. Plang bakal dipasang di 98 titik parkir yang tersebar di berbagai lokasi.

Plang tarif parkir dipasang lantaran saat ini masih banyak keluhan dari masyarakat ke dishub mengenai pelayanan pakir. Salah satunya, retribusi yang diterapkan jukir tidak sesuai dengan ketentuan. Jukir menarik retribusi lebih tinggi. ”Masyarakat mengadu ke kami soal tarikan tinggi itu,” terang Tranggono.

Kecurangan tarif parkir tersebut biasanya dilakukan oleh jukir dengan cara mencoret karcis. Terutama di bagian besaran tarif. Dengan begitu, warga yang berkeberat­an tidak punya bukti untuk menyatakan keberatan.

Plang tarif parkir akan dipasang di depan lokasi pakir TJU. Plang akan memuat secara terperinci besaran tarif sesuai kendaraan. Misalnya truk, mobil, bus, sepeda motor, hingga sepeda angin. ”Semuanya dituliskan tarifnya berapa,” terangnya.

Melalui sistem plang itu, Tranggono berharap jukir tidak bisa berbuat curang lagi. dengan Dengan begitu, tarif untuk pengguna jasa parkir sesuai dengan Perwali Nomor 36 Tahun 2015 tentang Perubahan Tarif Retribusi Pelayanan Parkir TJU.

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? ATUR PENGENDARA: Seorang juru parkir mengarahka­n pengendara mobil di Jalan Pasar Besar Wetan.
DITE SURENDRA/JAWA POS ATUR PENGENDARA: Seorang juru parkir mengarahka­n pengendara mobil di Jalan Pasar Besar Wetan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia