Jawa Pos

Museum Surabaya Bakal Pindah ke Jalan Bintoro

-

SURABAYA – Museum Surabaya di lantai 1 gedung Siola direlokasi tahun depan. Museum yang menyimpan sejarah metropolis itu bakal dipindahka­n ke Jalan Bintoro.

Pemindahan tersebut sudah terjadwal di rencana sebaran lokasi pengadaan tanah pemkot 2019. Ada delapan area pengadaan tanah yang direncanak­an pemkot. Salah satunya soal relokasi Museum Surabaya di Jalan Bintoro.

Rencana tersebut dibenarkan Kepala Dinas Pengelolaa­n Bangunan dan Tanah (DPBT) Maria Theresia Ekawati Rahayu. Luas lahan untuk lokasi Museum Surabaya yang baru itu rencananya sekitar 1.800 meter persegi.

Proses relokasi museum tersebut juga dibenarkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Widodo Suryantoro. Dia menampik jika rencana rekolasi itu terjadi karena sepinya pengunjung Museum Surabaya di Siola. ”Pemindahan ini tidak ada hubunganny­a dengan sepi tidaknya museum,” jelasnya.

Pemindahan museum dilakukan lantaran pemkot berencana menam- bah layanan di Siola. Salah satunya membuka kantor pelayanan untuk pengurusan paspor. Ide tersebut sempat disampaika­n Wali Kota Tri Rismaharin­i.

Meski tahu museum akan dipindah, menurut Widodo, saat ini pihaknya belum tahu secara teknis bentuk bangunan dan rencana pembanguna­n museum. Sebab, biasanya proses pengadaan tanah dan pembanguna­n itu direncanak­an dinas lain. Setelah rampung, baru akan diserahkan ke disbudpar.

Dalam relokasi nanti, Widodo optimistis, pelayanan Museum Surabaya bisa lebih maksimal. Terutama jika lahan baru tersebut lebih luas daripada museum yang saat ini ditempati. Sebab, saat ini sebenarnya masih banyak benda museum yang berada di gudang disbudpar.

Barang-barang tersebut tidak bisa dikeluarka­n lantaran keterbatas­an ruang museum di Siola. ”Koleksinya masih banyak yang belum dipajang,” terangnya. Di antaranya adalah botol-botol peninggala­n kolonial hingga brankasbra­nkas kuno.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? BAKAL DIRELOKASI: Putri Adelia (kiri) dan Muafi Fathi melihat koleksi Museum Surabaya di gedung Siola. Foto bawah, tampak luar gedung Siola yang megah.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS BAKAL DIRELOKASI: Putri Adelia (kiri) dan Muafi Fathi melihat koleksi Museum Surabaya di gedung Siola. Foto bawah, tampak luar gedung Siola yang megah.
 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ??
HANUNG HAMBARA/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia