Jawa Pos

Sophia Latjuba Ikut Lepas Orangutan

-

PALANGKA RAYA – Artis Sophia Latjuba turut merasakan sensasi melepaskan orangutan asli Borneo ke alam liar. Perempuan kelahiran Berlin, Jerman, 8 Agustus 1970, itu tanpa canggung mengangkat dan memasukkan empat orangutan ke kandang sementara sebelum dilepaslia­rkan ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR), Katingan, kemarin (3/4).

”Orangutan adalah aset Indonesia. Jaga orangutan. Pemerintah juga harus menjaganya,” tutur Sophia di Quarantine Release Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) Nyaru Menteng 3, Jalan Tjilik Riwut Km 28, Palangka Raya.

Mantan istri musisi Indra Lesmana itu mengungkap­kan, menjaga eksistensi orangutan berarti juga menjaga ekosistemn­ya. Mengganggu alam yang menjadi habitat satwa dilindungi sama halnya mengancam ekosistem. Untuk itu, dia akan terus mengampany­ekan agar orangutan selalu terjaga populasiny­a. ”Saya akan selalu ikut membangun kesadaran masyarakat, baik melalui media sosial maupun lainnya. Bahwa orangutan perlu dijaga,” sebutnya.

Orangutan yang dilepas kemarin telah menjalani rehabilita­si di Pusat Rehabilita­si Orangutan Nyaru Menteng. Menurut CEO BOSF Jamartin Sihite, pelepasan orangutan di TNBBBR itu merupakan yang ke-22. Orangutan yang dilepaskan terdiri atas individu jantan bernama Meong, 13, dan tiga betina bernama Hayley, 13; Nabima, 18; dan Tari, 5. Rata-rata yang dilepaskan merupakan orangutan korban konflik. ”Harapannya, bisa sukses di habitatnya,” kata dia.

Jamartin menambahka­n, saat ini ada sekitar 400 orangutan yang masih antre untuk dilepaslia­rkan. Tahun ini pihaknya punya target 200 individu orangutan bisa dilepas kembali ke habitatnya.

 ?? KALTENG POS ?? PEDULI: Sophia Latjuba (dua dari kiri) bersama tim dari Polda Kalteng ikut melepaslia­rkan empat orangutan ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, Kabupaten Katingan, kemarin.
KALTENG POS PEDULI: Sophia Latjuba (dua dari kiri) bersama tim dari Polda Kalteng ikut melepaslia­rkan empat orangutan ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, Kabupaten Katingan, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia