Jawa Pos

Siapkan Panggung untuk Penari Gandrung

-

BANYUWANGI – Sederet atraksi menarik bakal tersaji di Banyuwangi sepanjang April. Underwater Festival yang dihelat mulai hari ini (4/4) akan mengawali delapan rangkaian event yang digelar sepanjang bulan ini.

Banyuwangi Underwater Festival berlangsun­g hingga Jumat (6/4). Event tersebut akan digelar di kawasan wisata bahari di Bangsring Underwater, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi.

Bupati Abdullah Azwar Anas menyatakan, beragam atraksi unik akan mewarnai Banyuwangi Underwater Festival. Antara lain, Nemo Dancing, yakni pengamatan ikan nemo selama 48 jam, dan tari gandrung di dasar laut. Ada pula pendidikan bahari, lomba kano, lomba lari sisir pantai, hingga underwater photograph­y.

’’Penyelamat­an dan pengamatan ikan nemo akan dinilai untuk dapat rekor Muri,’’ katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi M. Yanuarto Bramuda menambahka­n, selain Nemo Dancing, Underwater Festival akan diwarnai atraksi tari gandrung di dasar laut. Tari itu akan digelar hari ini.

’’Sekitar 12 penari akan menari gandrung dengan dilengkapi peralatan selam,’’ tuturnya.

Sementara itu, setelah Underwater Festival, sejumlah event dalam rangkaian Banyuwangi Festival 2018 digeber sepanjang April. Di antaranya, lomba memancing alias Fishing Festival pada 7 April dan Banyuwangi Ijen Green Run pada 8 April.

Bukan itu saja. Para penikmat kuliner bisa datang ke ajang Banyuwangi Kuliner (Bakul) pada Kamis (12/4) di Taman Blambangan. Selain itu, di areal tersebut akan berlangsun­g Banyuwangi Art Week pada 12–15 April.

 ?? SANDI SUMARSONO FOR JAWA POS RADAR BANYUWANGI ?? MENYELAM: Dua nelayan memasang panggung di dasar laut Pantai Bangsring untuk persiapan Banyuwangi Underwater Festival hari ini.
SANDI SUMARSONO FOR JAWA POS RADAR BANYUWANGI MENYELAM: Dua nelayan memasang panggung di dasar laut Pantai Bangsring untuk persiapan Banyuwangi Underwater Festival hari ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia