Jawa Pos

Bebaskan 6 Desa, Satu Prajurit Gugur

-

JAKARTA – Bumi Papua belum sepenuhnya bebas dari aksi kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB). Tiga hari terakhir aparat gabungan dari Kodam XVII/Cenderawas­ih dan Polda Papua terlibat kontak senjata untuk membebaska­n enam desa di Distrik Tembagapur­a dari KKSB. Seorang prajurit TNI gugur dalam mengemban tugas negara.

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawas­ih Kolonel Infanteri M. Aidi menyebutka­n, enam desa yang sempat diduduki KKSB adalah Desa Utikini, Longsoran, Kimbeli, Opitawak, Banti 1, dan Banti 2. ”Mungkin itu realisasi ultimatum KKSB yang sebelumnya disiarkan di berbagai media. Bahwa mereka menyatakan perang terhadap TNI-Polri,” tutur dia.

Aidi menjelaska­n, lokasi pembakaran fasilitas umum maupun kontak senjata sama persis dengan lokasi penyandera­an ribuan warga desa akhir tahun lalu. Hanya tersisa penduduk asli ketika KKSB kembali masuk dan menduduki lokasi itu. ”Kurang lebih ada 300 anggota masyarakat,” imbuhnya. Meski tempat tinggal mereka menjadi lokasi kontak senjata, Aidi memastikan bahwa tidak seorang pun warga terluka.

Sangat disayangka­n, Pratu Vicky Rumpasium gugur setelah tertembak di bagian kepala. Prajurit TNI-AD dari Yonif 751/Raider itu merupakan salah seorang di antara 50 anggota TNI yang diterjunka­n dalam operasi merebut kembali enam desa di Distrik Tembagapur­a. Pratu Vicky dapat kenaikan pangkat luar biasa

Selain Vicky, papar dia, tidak ada lagi anggota TNI yang menjadi korban. Sebaliknya, Kodam XVII/ Cenderawas­ih mengidenti­fikasi dua anggota KKSB tewas. ”Dan puluhan lainnya luka-luka,” tambah dia. Mereka melarikan diri bersama anggota KKSB lainnya.

Terkait dengan konflik bersenjata terakhir di Papua, Menteri Koordinato­r Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menyerahka­n keputusan penuh kepada Mabes TNI. Mantan panglima ABRI itu menyebutka­n, penambahan pasukan bergantung kebutuhan. ”Nanti lihat situasi daerahnya gimana,” kata dia kemarin.

 ?? RAHMAT FAJAR/RADAR SORONG/JPG ?? PEMBERANI: Kakak korban Felix menunjukka­n foto almarhum Pratu Vicky di rumah duka kemarin.
RAHMAT FAJAR/RADAR SORONG/JPG PEMBERANI: Kakak korban Felix menunjukka­n foto almarhum Pratu Vicky di rumah duka kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia