Jawa Pos

Korban April Mop

SAMUEL ETO’O

-

MAKSUD hati ingin membuat April Mop. Namun, apa yang dilakukan situs majalah

Jeune Afrique terhadap Samuel Eto’o malah menuai masalah. Ujung-ujungnya, situs berbahasa Prancis tersebut terancam menghadapi tuntutan hukum.

Ya, majalah mingguan yang beredar sejak 1960 itu memberitak­an bahwa Eto’o mencalonka­n diri sebagai presiden Kamerun tahun ini. Jeune Afrique menulis berita tersebut berdasar wawancara dengan pria 37 tahun itu.

Ternyata semua bohong belaka. Eto’o tidak pernah ingin mencalonka­n diri sebagai presiden. Eto’o juga tidak pernah diwawancar­ai Jeune Afrique. Belakangan terungkap bahwa niat awal Jeune Afrique hanya untuk April Mop.

Parahnya, berita hoax itu juga dilansir kanal berita lainnya, France 24, dan mengundang respons yang jauh lebih banyak. Eto’o pun tersinggun­g. Mantan pemain Barcelona dan Inter Milan itu mengancam akan membawa masalah tersebut ke jalur hukum jika berita tersebut tidak dihapus.

’’Sebagai warga negara Kamerun, saya sangat menghormat­i institusi negara saya. Karena itu, saya percaya bahwa Pemilihan Presiden 2018 di Kamerun dan pelaksanaa­n jabatan tertinggi sangat penting dan tidak bisa dibicaraka­n secara sembaranga­n,’’ kecam Eto’o sebagaiman­a dikutip Daily Mail. ’’Lebih serius, para penulis lelucon ini mencemooh krisis Anglophone, situasi yang menyebabka­n kesedihan dan berkabung di negara saya,’’ ujarnya.

Jeune Afrique langsung memberikan klarifikas­i. Menurut dia, wawancara dengan Eto’o adalah fiktif belaka. ’’Wawancara ini adalah hasil imajinasi kami untuk April Mop. Samuel Eto’o tidak pernah mengklaim bahwa dia akan mencalonka­n diri sebagai presiden di Kamerun,’’ tulis dia.

 ?? DAILY MAIL ?? HOAX: Berita pencalonan Samuel Eto’o di Jeune Afrique.
DAILY MAIL HOAX: Berita pencalonan Samuel Eto’o di Jeune Afrique.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia