Jawa Pos

Konsisten Bawa Tim Berprestas­i

PELATIH TERBAIK MARET

-

PSM Makassar menjadi satu-satunya yang merebut angka absolut dalam dua pekan perdana Liga 1. Klub berjuluk Juku Eja tersebut merebut dua kemenangan atas PSIS Semarang 2-0 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Minggu (25/3), dan Perseru Serui 1-0 di Stadion Marora, Serui, Sabtu (31/3).

Bukan hanya menang, PSM juga sejak musim lalu secara konsisten menampilka­n permainan yang menawan. Karena itu, Jawa Pos memilih Robert Rene Alberts sebagai pelatih terbaik Maret. Selain dia, pesaing terberatny­a adalah pelatih PS Tira Rudy Eka Priyambada.

Namun, Alberts masih menjadi yang terbaik selama Maret. ”Kelebihann­ya adalah kemampuan merangkul semua pemain sehingga menjadi kesatuan yang solid. Dia (Alberts, Red) bisa membuat keputusan bagus saat tim dalam keadaan tertekan. Semoga hal itu bisa terus berlanjut,” ujar gelandang PSM Marc Klok.

Pengakuan juga datang dari sesama pelatih. Tactician Sriwijaya FC Rahmad Darmawan menyatakan, selama ini Alberts menjadi pelatih yang konsisten meraih sukses bersama klub yang dibinanya. Dia per- nah membawa Arema Indonesia menjadi juara pada 2009–2010 dan PSM berada di papan atas.

”Saya pernah bertemu dia saat acara conditioni­ng course di Kuala Lumpur pada 2013. Saat itu dia hadir sebagai pelatih tamu. Dari pertanyaan yang diajukan peserta kursus, di situ saya tahu dia punya pandangan yang sistematik dan ilmiah pada sepak bola,” kata pelatih yang disapa RD itu.

Apresiasi yang tinggi kepada

Jawa Pos. PSSI merasa tidak sendirian dalam membesarka­n Liga 1. Kepada pemain (lokal, Red), program ini akan menjadi motivasi tersendiri. Selamat!’’

JOKO DRIYONO

Plt Ketum PSSI Ini sebuah apresiasi bagi kami pemain sepak bola. Ini terobosan baru dari media, khususnya

Jawa Pos. Apalagi menggunaka­n data statistik sebagai pertimbang­an penilaian.’’

FIRMAN UTINA

Presiden APPI PT LIB memberikan dukungan kepada apa yang dilakukan

Jawa Pos. Ini bakal menjadi stimulan bagi seluruh pemain untuk membuktika­n diri dan menampilka­n permainan terbaiknya.’’

TIGORSHALO­M BOBOY

COO PT LIB

 ?? JAWA POS PHOTO ??
JAWA POS PHOTO
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia