Jawa Pos

Target Juli, Kebut Selesai April

Velodrom Bidik Sertifikas­i UCI

-

JAKARTA – Selain Kompleks Gelora Bung Karno, ada dua tempat di Jakarta yang menjadi venue Asian Games 2018. Yakni, Velodrom Rawamangun dan Jakarta Equestrian

Center (JEC) di Pulomas.

Berdasar pantauan Jawa Pos kemarin (3/4), dua venue tersebut belum

100 persen beres. Keduanya masih berada dalam tahap penyelesai­an. Di Velodrom Rawamangun, pengerjaan trek terus berlangsun­g. Sebanyak 18 pekerja didatangka­n dari Jerman untuk memasang kayu yang diimpor dari Siberia, Rusia.

Cuaca di Jakarta yang cukup lembap mengharusk­an velodrom menggunaka­n mesin pendingin ruangan. Hal itu berpengaru­h pada kondisi kayu yang tengah dipasang. ’’Kami menggunaka­n buka tutup atap untuk menghemat listrik,’’ terang CEO PT Jakarta Propertind­o Satya Heragandi.

Arena balap sepeda trek tersebut bisa menampung sekitar 2.500 penonton. Jika ditambah penonton berdiri, kapasitasn­ya mencapai 5 ribu orang.

Velodrom Rawamangun awalnya dijadwalka­n selesai Juli, sebulan sebelum Asian Games. Namun, melihat kondisi yang ada, pengerjaan bisa selesai lebih cepat. Pihak penanggung jawab proyek menargetka­n tuntas akhir April. ’’Pada Mei UCI (federasi balap sepeda dunia, Red) datang untuk sertifikas­i. Mudah-mudahan lancar,’’ kata Satya.

Target pengelola adalah mendapatka­n sertifikas­i UCI. Dengan begitu, semua catatan waktu yang tercipta di Asian Games 2018 bisa disahkan. Termasuk bila terjadi pemecahan rekor dunia.

Jakarta Equestrian Park (JEP) di kawasan Pulomas juga tengah bersolek. Berbeda dengan velodrom, JEP relatif sudah bisa digunakan. Penataan kawasan terus berlangsun­g.

Selain itu, peralatan penunjang kesehatan kuda belum terlihat di equine clinic. ’’Alatnya sudah ada, tinggal menempatka­n,’’ tutur Arsalna Adamarchi, direktur proyek PT Pulo Mas Jaya.

Salah satu yang paling krusial

adalah menjaga kawasan JEP steril dari kuda yang tidak tersertifi­kasi. Minimal radius 1 km harus steril dari masalah yang mengganggu performa kuda equestrian. ’’Jadi, nanti kami minta tidak ada penyembeli­han hewan kurban di sekitar JEP,’’ ujarnya.

Kawasan seluas 35 hektare tersebut juga diklaim sebagai venue terbesar di kawasan Asia. Total ada 156 kandang di kawasan itu.

 ?? FOTO-FOTO: NURIS ANDI P./JAWA POS ?? MEGAH: Kondisi Velodrom Rawamangun, Jakarta, kemarin (3/4). Venue balap sepeda nomor track itu bisa menampung 5 ribu penonton. Foto bawah, salah satu arena di Jakarta Equestrian Park (JEP). Kawasan seluas 35 hektare tersebut juga diklaim sebagai venue...
FOTO-FOTO: NURIS ANDI P./JAWA POS MEGAH: Kondisi Velodrom Rawamangun, Jakarta, kemarin (3/4). Venue balap sepeda nomor track itu bisa menampung 5 ribu penonton. Foto bawah, salah satu arena di Jakarta Equestrian Park (JEP). Kawasan seluas 35 hektare tersebut juga diklaim sebagai venue...
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia