Jawa Pos

Wilder Terima Tantangan Joshua

Pertarunga­n Bisa Digelar Tahun Ini di Inggris

-

vs Bermane Stiverne (Kanada)

Dalam duel itu, Wilder sukses mengakuisi­si sabuk juara dunia kelas berat WBC kali pertama. vs Bermane Stiverne (Kanada)

Wilder menunjukka­n dirinya makin kuat dalam duel Stiverne dipukul KO saat ronde pertama berlangsun­g 2 menit 59 detik. Wilder mempertaha­nkan sabu WBC kali keenam. 4 APRIL 20 vs Charles Martin (AS) Menang KO ronde kedua

Pada pertarunga­n yang berlangsun­g di O2 Arena, London, Joshua meraih sabuk juara dunia kelas berat pertamanya, yakni versi IBF. vs Wladimir Klitschko (Ukraina) Menang TKO ronde kesebelas

Joshua menambah dua sabuk juara dunia kelas berat lagi dari badan tinju WBA dan IBO. Kemenangan tersebut sekaligus tanda berakhirny­a kedigdayaa­n Klitschko di tinju kelas berat dalam satu dekade terakhir.

LONDON

– Keinginan Anthony Joshua menggelar pertarunga­n unifikasi melawan Deon tay Wilder tanpa harus pergi ke Amerika Serikat ternyata disambut baik. Shelly Finkel, co-manager

Wilder, menyatakan bahwa pihaknya segera memulai negosiasi dengan tim Joshua. Mereka juga menerima tantangan untuk langsung bertarung pada musim panas ini.

”Kami ingin mengumumka­n kepada publik bahwa Deontay mengingink­an pertarunga­n itu. Deontay siap untuk tanda tangan, datang ke Inggris, dan bertarung di sana pada musim panas mendatang,” ucap Finkel sebagaiman­a dilansir The Guardian.

Pemenang duel itu akan menguasai seluruh sabuk juara dunia mayor, yakni WBA, WBO, IBF, dan WBC. Tiga sabuk pertama saat ini dikuasai Joshua. Sedangkan satu sabuk yang terakhir digenggam Wilder.

Sebelum Joshua mengungkap­kan keinginan tanding kontra The Bronze Bomber –julukan Wilder– pada Sabtu (31/3), Finkel mengaku telah memulai pembicaraa­n dengan Eddie Hearn, promotor Joshua, soal pertarunga­n tersebut. Dalam pembicaraa­n itu, muncul wacana untuk menggelar duel pertama di London dan duel kedua di Las Vegas.

Finkel juga menyatakan bahwa pihaknya siap menerima kesepakata­n pembagian hasil 60/40 untuk Joshua. Dengan tantangan terbuka itu, dia yakin negosiasi segera mendapatka­n titik temu.

”Apabila pertarunga­n dilaksanak­an di Wembley Stadium musim panas ini, kami siap. Kami ingin duel itu. Mereka juga ingin. Publik juga ingin menyaksika­nnya. Tidak ada yang bisa menghentik­an duel itu lagi,” ucap Finkel.

Dalam tantangann­ya kepada Wilder setelah merebut sabuk juara dunia versi WBO dari Joseph Parker Sabtu (31/3), Joshua memang ingin duel kontra Wilder berlangsun­g di Inggris. Menurut dia, selama ini sudah terlalu banyak pertarunga­n tinju di Amerika Serikat.

”Orang-orang akan mengeluark­an uang terlalu banyak untuk menyaksika­n petinju Inggris bertarung di AS,” ucap Joshua. ”Kami bisa melakukann­ya di London atau Cardiff. Saya akan bertahan di sini,” tambahnya.

Promotor Joshua menyebut musim panas ini memang waktu yang paling tepat untuk menggelar pertarunga­n Joshua kontra Wilder. Sebab, setelah itu, Joshua harus melakukan pertarunga­npertarung­an wajib untuk mempertaha­nkan sabuk juara dunianya.

Salah satu penantang wajib Joshua yang sudah mengajukan diri adalah Alexander ”Sasha” Povetkin. Petinju Rusia tersebut adalah lawan wajib jika Joshua ingin mempertaha­nkan sabuk juara dunia versi WBA miliknya.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia