Jawa Pos

Wali Kota Siapkan Rekrutmen Ulang

Plt Dirut PDPS Bisa Pejabat Pemkot

-

SURABAYA – Hari ini merupakan hari keempat Perusahaan Daerah Pasar Surya (PDPS) berjalan tanpa jajaran direksi. Pemkot yang terkesan masih mengulur waktu mulai menyuaraka­n tindakan selanjutny­a. Usulan Plt masih dipertimba­ngkan. Selain itu, pemkot berniat untuk segera melakukan rekrutmen ulang.

Wali Kota Tri Rismaharin­i menyatakan bahwa pemkot tengah menyiapkan rekrutmen direktur PDPS. Namun, rekrutmen tidak bisa dilaksanak­an dalam waktu singkat. Untuk sementara, pemkot memilih opsi untuk memperpanj­ang sejumlah direktur yang sudah tidak aktif per 1 April kemarin.

Risma mengatakan sedang memilih nama-nama yang potensial untuk diperpanja­ng jabatannya. ’’Mungkin nanti ada beberapa yang kami perpanjang masa aktifnya,’’ jelasnya kemarin (3/4).

Namun, hal tersebut juga perlu menunggu kepastian hukum. Sebab, secara regulasi, pemkot tidak bisa melakukan perpanjang­an beberapa hari setelah direktur berstatus nonaktif.

Meski ada usulan perpanjang­an, pejabat yang akan diperpanja­ng juga harus mengikuti fit and proper test. Dia menegaskan bahwa fit and proper test mutlak dibutuhkan untuk memastikan kesiapan pejabat yang diperpanja­ng. Jadi, tes itu tidak hanya diberlakuk­an untuk rekrutmen direktur baru. ’’Mana berani aku nggak pakai itu (fit and proper test, Red). Nanti pasti ada, enggak bisa kemudian seenakku,’’ tuturnya.

Rekrutmen kali ini ditargetka­n harus berhasil. Sebab, rekrutmen sudah dua kali gagal. Dana untuk rekrutmen pun habis percuma. Pemkot sudah menggelont­orkan dana Rp 1 miliar untuk dua kali rekrutmen, tetapi tidak berhasil. Ujung-ujungnya tetap menunjuk pelaksana tugas (Plt) yang ternyata juga tidak kunjung disetujui meski sudah disodorkan Badan Pengawas (Bawas) PDPS.

Bawas pun menunggu realisasi proses rekrutmen yang disuarakan pemkot. Sebab, mereka mengatakan sudah mengirimka­n usulan untuk rekrutmen ulang, tetapi hingga kini belum disetujui.

Ketua Bawas PDPS Rusli Yusuf menambahka­n, pihaknya juga masih harus menunggu pengesahan rencana kerja dan anggaran (RKA). ’’Rekrutmen bisa dilakukan kalau RKA PDPS sudah disahkan Bu Wali karena anggaranny­a (rekrutmen, Red) ada di situ,’’ jelasnya.

Sebelumnya, jajaran bawas sempat mengusulka­n sejumlah nama dari internal PDPS untuk menduduki posisi direktur sebagai Plt. Di sisi lain, mantan Direktur Teknik PDPS Dwi Hary Suryadi menilai bahwa Plt bisa diisi pejabat pemkot. ’’Nggak harus dari internal. Waktu zaman 2010 wali kota menunjuk Plt dari pemkot, waktu itu Kabag ekonomi,’’ ucap Dwi.

Mana berani aku nggak pakai itu (fit and proper test, Red). Nanti pasti ada, enggak bisa kemudian seenakku.” Wali Kota Surabaya

TRI RISMAHARIN­I

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia