Jawa Pos

Tambah Traffic Light Otomatis di 14 Titik

-

SURABAYA – Dinas perhubunga­n (dishub) kembali menambah 14 traffic light (TL) otomatis di beberapa simpang jalan. Penambahan TL otomatis tersebut bertujuan meningkatk­an efisiensi rekayasa lalu lintas di metropolis.

Kasi Rekayasa Lalu Lintas Dishub Joko Supriyanto menyatakan bahwa penambahan 14 TL itu terdiri atas empat TL otomatis baru dan sepuluh TL pengganti. TL baru tersebut ditempatka­n di Jalan Menganti dan Jalan Babatan. Sedangkan sepuluh TL pengganti itu ditaruh di persimpang­an yang sebelumnya telah terpasang TL, tapi belum menggunaka­n sistem otomatis. ”Penggantia­n TL otomatis tersebut terus kami lakukan agar rekayasa lalu lintas berjalan efisien,” ujarnya.

Joko menuturkan, penggunaan TL otomatis sangat efektif. Sebab, melalui sistem itu, lama cepatnya waktu berhenti bisa diatur secara otomatis. Ada sensor yang melihat kepadatan lalu lintas di jalan tersebut. Jika pada jam tertentu jalan itu ramai, lampu hijau akan menyala lebih lama. Sedangkan jika sepi, TL akan kembali dengan sistem semula. Pembacaan ramai tidaknya lalu lintas kendaraan yang melewati jalan itu bisa terpantau melalui sensor kamera yang diletakkan di setiap tiang.

Penggunaan TL otomatis tersebut menggantik­an teknologi TL lama yang sebelumnya dipakai. Yakni, lamanya lampu merah dan hijau tetap. Padahal, pada jam-jam tertentu, lalu lintas bisa sangat kondisiona­l. Bisa sepi, bisa ramai.

Joko menambahka­n, saat ini total di Surabaya ada 137 perempatan. Dari jumlah itu, sebanyak 111 simpang sudah menggunaka­n TL otomatis. Teknologi tersebut digunakan di Surabaya sejak 2011.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ??
HANUNG HAMBARA/JAWA POS
 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? KONDISIONA­L: Traffic light otomatis telah dioperasik­an di Jalan Gunungsari. Foto atas, petugas membetulka­n sensor TL otomatis.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS KONDISIONA­L: Traffic light otomatis telah dioperasik­an di Jalan Gunungsari. Foto atas, petugas membetulka­n sensor TL otomatis.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia