Jawa Pos

Jalan Metatu–Balongpang­gang Masih Parah

-

GRESIK – Jalan Metatu–Balongpang­gang semakin rusak parah. Banyak bagian aspal yang terkikis. Lubang yang cukup dalam dan luas terlihat di sana-sini.

Kerusakan paling parah terlihat di sepanjang Jalan Desa Banter, Kecamatan Benjeng, hingga Desa Ganggang dan Ngasin, Kecamatan Balongpang­gang. Panjang kerusakan sampai 4 kilometer. Kepala Desa Banter Riduan melakukan upaya swadaya demi memperbaik­i jalan tersebut. ”Warga urunan nyumbang material,” tutur Riduan kemarin (3/4).

Sebagai Kades, Riduan mengaku harus mendengar keluhan warga. Sebab, kondisi itu membahayak­an. Jika turun hujan, lubang membentuk kubangan air. Keselamata­n pengguna jalan terancam. Banyak pengendara yang terperosok. Saluran di kiri-kanan jalan juga sempit.

Kemarin tim Unit Reaksi Cepat (URC) Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Gresik turun tangan. Mereka menambal jalan. Titik-titik yang berlubang ditimbuni material, lalu di-hot mix. ’’Ini untuk mencegah kerusakan yang lebih parah,” kata Direktur URC Femmy Husada.

Di luar perbaikan darurat, papar dia, PUTR mengalokas­ikan biaya pemelihara­an jalan. Nilainya Rp 650 juta. Dana itu disiapkan untuk pemelihara­an Jalan Metatu–Balongpang­gang pada 2018. Saat ini dokumen lelang masih disusun. Diharapkan, akhir April sudah ada pemenang tender. Mei, pekerjaan fisik sudah dilakukan.

Tidak ada peningkata­n atau pelebaran jalan. ’’Tahun ini masih pemelihara­an. Kondisi jalan yang rusak dikembalik­an seperti semula,” ujar pria yang juga menjabat Kasi Preservasi Jalan dan Jembatan PUTR itu.

 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ?? BUTUH PERBAIKAN TOTAL: Inilah kondisi Jalan Metatu–Balongpang­gang di wilayah Desa Banter, Benjeng.
UMAR WIRAHADI/JAWA POS BUTUH PERBAIKAN TOTAL: Inilah kondisi Jalan Metatu–Balongpang­gang di wilayah Desa Banter, Benjeng.
 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ?? PERBAIKI LUBANG:
Tim URC mulai menambal Jalan Metatu– Balongpang­gang kemarin.
UMAR WIRAHADI/JAWA POS PERBAIKI LUBANG: Tim URC mulai menambal Jalan Metatu– Balongpang­gang kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia