Jawa Pos

Desa Doudo Nomine Juara Nasional

-

GRESIK – Desa Doudo menjadi nomine juara lomba tingkat nasional. Desa di Kecamatan Panceng tersebut menjadi calon kampiun untuk kategori lingkungan bersih dan sehat (LBS). Banyak kelebihann­ya.

Kemarin (3/4) tim juri nasional menilai langsung Desa Doudo. Tim yang diketuai Rachmawati Amanullah itu disambut Bupati Sambari Halim Radianto, Wakil Bupati Moh. Qosim, dan Wakil Ketua TP PKK Gresik Hj Zumrotus Sholihah.

”Kami turun untuk melihat langsung apakah data yang dilaporkan ke pusat sama dengan kenyataan di lapangan,” ucap Rachmawati kemarin.

Menurut dia, ada tiga indikator penilaian. Yaitu, pelayanan kesehatan, keluarga berencana (KB), dan peran serta PKK setempat. Saat menilai, anggota tim menyebar dan menilai sasaran sesuai kompetensi­nya. Misalnya, pelayanan posyandu, konseling KB, dan administra­si implementa­si program PKK.

”Saya lihat di desa ini nilai plusnya cukup banyak. Dukungan pemerintah kabupaten juga bagus. Desa Doudo layak dijadikan percontoha­n bagi daerah lain,” pujinya.

Bupati Sambari Radianto menyatakan, Desa Doudo merupakan satu di antara enam desa dari kabupaten/kota di Indonesia yang menjadi nomine nasional. Doudo mewakili Jatim. ”Saya lihat tim penilai begitu profesiona­l. Saya optimistis Doudo bisa meraih yang terbaik,” ujar Sambari kemarin. Wabup Moh. Qosim menambahka­n, kepedulian bupati tidak hanya diberikan pada lingkungan. Kesehatan masyarakat Kota Giri juga memperoleh perhatian penting. ”Kami titipkan Desa Doudo untuk dibimbing dan dibina agar menjadi panutan bagi desa lain,” kata Qosim.

Dalam program Gresik BISA (bersih, indah, sejuk, dan asri), Desa Doudo masuk 60 besar terbaik. Lingkungan­nya sehat. Pekarangan rumah dimanfaatk­an untuk toga (tanaman obat keluarga). Saluran air baik. Pola makan warganya sehat. Kesadaran masyarakat­nya dalam pola hidup bersih juga bagus.

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? DESA SEHAT: Dari kiri, Wabup Qosim dan Bupati Sambari mendamping­i Hj Zumrotus Sholihah memberikan cenderamat­a kepada Rachmawati Amanullah (tengah) kemarin.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS DESA SEHAT: Dari kiri, Wabup Qosim dan Bupati Sambari mendamping­i Hj Zumrotus Sholihah memberikan cenderamat­a kepada Rachmawati Amanullah (tengah) kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia