Jawa Pos

Kenalkan Budaya Jatim lewat Pameran

-

SURABAYA – Muhammad Habib Zaki Atala Mulia mengenakan pakaian adat Kabupaten Malang. Siswa kelas III SD Sekolah Alam Insan Mulia (SAIM) itu bercerita kepada pengunjung tentang kebudayaan Malang. Para pengunjung pun antusias mendengark­annya.

’’Di Kabupaten Malang ini ada tarian bedayan yang terkenal. Banyak juga tempat wisata menarik lho,” jelas Zaki yang merupakan peserta Pameran Budaya Jatim di SAIM kemarin.

Zaki mengatakan, dirinya bukan orang Malang. Tetapi, dia bersama teman-temannya mencari banyak informasi tentang Kabupaten Malang. Mulai pakaian adat, tarian, pemerintah­an, hingga makanan dan kesenian. Materi tersebut disusun dalam bentuk mading agar mudah dipelajari.

Ya, kegiatan Pameran Budaya Jatim itu menjadi momentum bagi siswa SD SAIM untuk belajar tentang kebudayaan di kabupaten/kota di Jawa Timur. Antoina Lioni, penanggung jawab acara, mengatakan, kegiatan tersebut diadakan dalam rangka penerapan mata pelajaran (mapel) seni budaya dan keterampil­an (SBK). ’’Ini dua mapel tematik yang dijadikan satu kegiatan,” kata guru kelas III itu.

Temanya adalah kabupaten/kota. Ada 26 kabupaten/kota yang dihadirkan dalam pameran tersebut. Seluruh siswa kelas III dilibatkan untuk membuat stan masingmasi­ng kabupaten/kota. Mulai makanan, wisata, kesenian, hingga pemerintah­an.

Antoina menuturkan, kegiatan itu bertujuan mengenalka­n budaya kepada para siswa. Sebelumnya, seluruh siswa kelas III diminta untuk membuat video blog (vlog) tentang ikon-ikon Surabaya. Kemudian, video itu di-upload ke YouTube.

 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ?? DARI 26 DAERAH: Para siswa sekolah dasar SAIM memadati lokasi Pameran Budaya Jawa Timur kemarin. Foto bawah, pelajar kelas III menampilka­n tari warok asal Ponorogo.
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS DARI 26 DAERAH: Para siswa sekolah dasar SAIM memadati lokasi Pameran Budaya Jawa Timur kemarin. Foto bawah, pelajar kelas III menampilka­n tari warok asal Ponorogo.
 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ??
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia