Jawa Pos

Sehari Offline, Antrean Membeludak

-

SURABAYA – Jumlah pemohon surat izin mengemudi (SIM) membeludak kemarin (3/4). Kali ini terjadi pada pemohon SIM yang berasal dari luar kota. Alasannya, sehari sebelumnya sistem sempat berhenti alias offline.

Peningkata­n jumlah pemohon terjadi pada pagi dan siang. Para pemohon terlihat menunggu tepat di sisi mobil SIM Corner Taman Bungkul. Ada yang rela duduk tanpa beralas apa-apa.

Petugas saat itu memang sengaja tidak membuka layanan pengurusan baru. Mereka hanya melayani pemohon yang sudah mengurus pada Senin. ’’Kami sarankan yang kemarin (Senin, Red) datang untuk datang lagi hari ini (kemarin, Red),” kata salah seorang petugas yang enggan disebutkan namanya.

Itu terbukti, di antara para pemohon yang datang kemarin, tidak ada seorang pun yang mengajukan pengurusan baru. Mereka hanya membawa beberapa berkas yang diurus sehari sebelumnya. Petugas pun memanggil satu per satu pemohon. ’’Sejak pagi kami belum beristirah­at sama sekali,” ujar petugas tersebut.

Dia tidak mengetahui jumlah pasti pengurus SIM yang datang pagi. Namun, petugas tersebut memastikan, jumlahnya lebih banyak ketimbang yang datang siang.

Dikonfirma­si secara terpisah, Kanit Regident Satlantas Polrestabe­s Surabaya AKP Sigit Indra memberikan keterangan berbeda. Dia menjelaska­n, pada Senin sistem berjalan seperti biasa. Hanya, saat itu mobil SIM Corner dipindahka­n sementara dari Taman Bungkul. ’’Kami ada acara pada Senin, jadi sempat tertunda saja,” jelasnya.

Pengurusan pun baru dilakukan Senin siang hingga sore. Wajar saja masih banyak pemohon yang belum mendapatka­n SIM.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia