Jawa Pos

Berlomba Manfaatkan Kecerdasan Buatan

-

PERBANKAN semakin serius menggunaka­n teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligen­ce (AI). AI diyakini bisa mempermuda­h nasabah dalam meminta informasi mengenai perbankan. Di sisi bank, bank juga sekaligus bisa melakukan efisiensi. Sebab, AI menurunkan penggunaan tenaga manusia dan mengandalk­an teknologi untuk tugas-tugas yang ringan.

Salah satu bank yang menggunaka­n AI adalah PT Bank Central Asia Tbk (BCA). BCA mempunyai Virtual Assistant Chat Banking (Vira) yang dapat diakses di aplikasi Line, Facebook Messenger, dan Kaskus Chat. Yang terbaru, Vira juga bisa diakses di Google Assistant. Direktur BCA Santoso mengungkap­kan, Indonesia termasuk negara dengan pengguna media sosial yang cukup aktif sehingga chatting menjadi suatu kebiasaan bagi masyarakat. ’’Terlebih di zaman now ini, selain aplikasi chatting, inovasi berupa asisten virtual menjadi suatu kebutuhan tersendiri,’’ katanya kemarin (4/4).

Vira dapat memberikan informasi promosi, lokasi automated teller machine (ATM) BCA terdekat, dan informasi lainnya kepada nasabah. Sampai Februari 2018, jumlah pengguna yang aktif mengakses chatbot Vira sudah mencapai lebih dari 662 ribu pengguna.

BRI juga baru saja meluncurka­n

chatbot Smart BRI New Assistant (Sabrina). Melalui aplikasi Facebook Messenger dan Telegram,

nasabah bisa menggunaka­n layanan perbankan BRI, terutama permintaan informasi. ’’Sabrina juga terhubung langsung dengan

website BRI yang telah diperbarui tampilanny­a,’’ kata Corporate Secretary PT Bank Rakyat Indonesia Tbk Bambang Tribaroto.

Bank Mandiri tak mau ketinggala­n. Bank berlogo pita emas itu juga baru saja meluncurka­n Mandiri Intelligen­ce Assistant (Mita). Sama dengan bank lain, kemampuan chatbot

Mita baru sebatas pemberian informasi. ’’Kami akan terus mengembang­kan Mita supaya bisa dipakai untuk transaksi nasabah dan menjawab pertanyaan nasabah yang lebih kompleks. Sejauh ini, yang kami punya yaitu inovasi blokir kartu tinggal chatting sama Mita,’’ urainya.

 ?? MUHAMAD ALI/JAWA POS ?? PRAKTIS: Layanan OVO di salah satu mal di Jakarta kemarin.
MUHAMAD ALI/JAWA POS PRAKTIS: Layanan OVO di salah satu mal di Jakarta kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia