Jawa Pos

Maksimalka­n Area Bawah Tangga

-

AREA bawah tangga sering masih punya ruang yang cukup luas. Jangan dibiarkan kosong dan tidak berfungsi. Maksimalka­n penggunaan­nya untuk mendapatka­n ”ruang” tambahan. Beri sentuhan dekoratif agar tak dilewati begitu saja. Berikut beberapa inspirasi pemanfaata­n area bawah tangga pada hunian.

Area Nonton TV

Supaya tidak terbuang percuma, area di bawah tangga dijadikan spot santai untuk menonton televisi sekaligus menjadi ”pemisah” ruang tengah dengan ruang makan dan dapur. Tempatkan karpet dan alas duduk. Serta, tambahkan beberapa pot dan tanaman untuk memberi kesan segar. Sstt... yang ditutup gorden kuning itu untuk ruang penyimpana­n barang-barang.

Ruang Baca

Inspirasi berikut bisa dicoba buat yang suka membaca dalam kondisi tenang tanpa gangguan. Jadikan area bawah tangga sebagai reading corner. Tempatkan kursi dan bantal sebagai sandaran. Atau, lesehan. Ganti dengan karpet dan bantal-bantal empuk. Bisa mojok sambil membaca buku favorit.

Storage

Cara yang paling sering dipakai untuk memanfaatk­an area bawah tangga adalah dijadikan ruang penyimpana­n (storage). Tempatkan laci-laci kontainer pada sudut bawah tangga agar penyimpana­n lebih rapi. Penambahan pot dan frame foto di anak tangga menghasilk­an sentuhan dekoratif pada sudut yang sering terabaikan itu.

Powder Room

Keberadaan powder room atau toilet yang biasa digunakan oleh tamu cukup penting. Kalau sulit meluangkan space, kenapa tidak memanfaatk­an area di sudut tangga? Misalnya, yang diterapkan Friska pada huniannya. Space berukuran 1,86 x 0,8 meter itu dijadikan toilet kering dengan desain cantik.

 ?? RUMAH BEYBI DEVLYN – DEPOK – FOTO: MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS ??
RUMAH BEYBI DEVLYN – DEPOK – FOTO: MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS
 ?? RUMAH FRISKA TRIANDA – JAKARTA TIMUR – FOTO: CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ??
RUMAH FRISKA TRIANDA – JAKARTA TIMUR – FOTO: CHANDRA SATWIKA/JAWA POS
 ?? RUMAH PINGKAN RAWUNG – PONDOK CABE – FOTO: IMAM HUSEIN/JAWA POS ??
RUMAH PINGKAN RAWUNG – PONDOK CABE – FOTO: IMAM HUSEIN/JAWA POS
 ?? RUMAH VIRKE SIVERA – PONDOK CABE – FOTO: MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS ??
RUMAH VIRKE SIVERA – PONDOK CABE – FOTO: MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia