Jawa Pos

Kelas Darurat Juga Rusak

Siswa Ngungsi ke Kelas Lain

-

JEMBER – Ambruknya dua ruang kelas SDN Jatiroto III, Desa Jatiroto, Kecamatan Sumberbaru, beberapa bulan lalu membuat siswa harus belajar di kelas darurat. Sebuah tenda besar dipasang. Sayang, kelas darurat itu hanya bertahan dua bulan.

Tenda sobek-sobek sehingga tidak mungkin dipakai untuk kegiatan belajar-mengajar (KBM). Terpaksa, siswa kelas III yang biasa menempati kelas darurat tersebut mengungsi ke kelas lain.

”Padahal, baru dua bulan (tenda darurat) dibuat. Ruang kelas yang terbuat dari kerangka bambu dan atap terpal itu hancur setelah diterjang angin kencang,” kata Sugeng, guru kelas V SDN Jatiroto III, kepada Jawa Pos Radar Jember kemarin (4/4).

Kelas darurat tersebut dibikin karena dua ruang, yakni kelas III-A dan III-B, ambruk. Sekolah akhirnya bermusyawa­rah untuk membuat kelas darurat dari bambu dan terpal. ”Ruang kelas ini berukuran 7 x 12 meter. Dibangun di belakang ruang kelas yang ambruk itu,” ujar Sugeng.

Siswa terpaksa mengikuti KBM secara bergantian. Siswa kelas I harus bergantian dengan siswa kelas II. Kelas I masuk pukul 07.00 sampai 09.00. Selanjutny­a diganti kelas II yang masuk pukul 09.00 sampai 12.00. Sementara siswa kelas III yang awalnya menempati dua ruang kelas dijadikan satu.

”Awalnya siswa kelas III yang jumlahnya 51 anak dijadikan satu ruangan yang menempati kelas darurat itu. Karena rusak, siswa kelas III menempati ruang kelas lain yang masih bisa digunakan,” ujar Kepala SDN Jatiroto III Sumberbaru Heru Sih Panarima.

Heru menyebutka­n, ruang kelas III-A dan III-B itu sudah tiga tahun rusak dan belum ada perbaikan. Pihaknya sudah sering kali mengajukan proposal untuk dilakukan rehab. ”Setelah ambruk dua bulan lalu, dinas pendidikan datang ke lokasi untuk melihat langsung kondisi ruang kelas yang ambruk,” jelasnya. Karena itulah, dia berharap dinas pendidikan segera melakukan perbaikan.

 ?? JUMAI/JAWA POS RADAR JEMBER ?? JEBOL: Awalnya siswa SDN Jatiroto III belajar di tenda darurat ini. Namun, karena tenda rusak, siswa kelas III menumpang di kelas lain.
JUMAI/JAWA POS RADAR JEMBER JEBOL: Awalnya siswa SDN Jatiroto III belajar di tenda darurat ini. Namun, karena tenda rusak, siswa kelas III menumpang di kelas lain.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia