Jawa Pos

15 Menit Menari di Bawah Laut

Jadi Pembuka Underwater Festival di Banyuwangi

-

BANYUWANGI – Atraksi menarik ditampilka­n dalam Underwater Festival di Pantai Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, kemarin. Sebanyak 12 penari gandrung dan pemusiknya berpentas tari bawah laut di perairan Bangsring.

Dua belas penari gandrung itu melakukan aksinya di kedalaman 5 meter. Aksi mereka membuka kemeriahan festival yang akan berlangsun­g selama tiga hari berturut-turut itu.

Para penari mengenakan kostum seperti umumnya penari gandrung. Yakni, omprok, selendang, kipas tangan, kaus kaki, dan perlengkap­an lainnya. Tentu mereka juga memakai peralatan selam lengkap dengan tabung oksigen di punggungny­a.

Para penari yang berasal dari Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan Universita­s Brawijaya (UB) itu tampak antusias ketika digiring ke tengah lautan oleh para penyelam. Penari yang memakai omprok dan sampur tersebut kemudian perlahan turun ke kedalaman 5 meter sebelum melakukan aksinya.

Selanjutny­a, mereka menampilka­n tarian khas Banyuwangi itu selama 15 menit di atas stage yang terbuat dari anyaman bambu di dalam air. ”Sebelumnya, kami berlatih di kolam dan di laut sejak awal Februari lalu,” ujar Salsabila Efani, salah seorang penari gandrung, kepada Jawa Pos Radar Banyuwangi.

Dia mengaku ada kesulitan tersendiri ketika harus menari di bawah laut. Selain mesti tetap mempertaha­nkan pakem gerakan tari gandrung, dia harus bisamenaha­ndiridaria­ruslaut.

Selain 12 penari gandrung, masih ada 8 pria yang bertugas membawa umbul-umbul. Mereka membawa perlengkap­an selam sambil turun ke dalam laut untuk menemani para penari gandrung. ”Kami semua yang ada di sini sudah memiliki sertifikat selam. Selain kami, ada 3 pemain musik, 2 pemegang gong, dan 1 kenong,” kata Fikri Hardiansya­h, salah seorang mahasiswa UB.(fre/aif/c6/ttg)

 ?? SUMARSONO FOR JAWA POS RADAR BANYUWANGI ?? MENGGENDON­G TABUNG: Para penari unjuk kebolehan di dasar laut di Pantai Bangsring, Wongsorejo, Banyuwangi, kemarin.
SUMARSONO FOR JAWA POS RADAR BANYUWANGI MENGGENDON­G TABUNG: Para penari unjuk kebolehan di dasar laut di Pantai Bangsring, Wongsorejo, Banyuwangi, kemarin.
 ?? SUMARSONO FOR JAWA POS RADAR BANYUWANGI ?? SIAP PENTAS: Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengenakan omprok (mahkota penari gandrung) kepada salah satu penari sebelum pergelaran tari dimulai.
SUMARSONO FOR JAWA POS RADAR BANYUWANGI SIAP PENTAS: Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengenakan omprok (mahkota penari gandrung) kepada salah satu penari sebelum pergelaran tari dimulai.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia