Jawa Pos

APLAUS UNTUK CHILENA

-

TURIN – Ketakutan Gianluigi Buffon terhadap Cristiano Ronaldo menjadi kenyataan. Di Allianz Stadium kemarin dini hari WIB (4/4), dia dipaksa dua kali bertekuk lutut oleh aksi CR7. Gawang kiper Juventus itu bahkan dibobol Ronaldo saat laga baru berjalan tiga menit.

Gol kedua Ronaldo pada menit ke-64 malah memantik reaksi fans Juve untuk memberikan aplaus kepada striker

33 tahun tersebut. Memanfaatk­an umpan Dani Carvajal, Ronaldo melakukan chilena atau overhead kick. Itu adalah kali kesembilan gawang Buffon dibobol Ronaldo dalam enam pertemuan mereka. Ronaldo melengkapi kemenangan 3-0 Real dengan memberikan

assist untuk gol Marcelo (72’).

’’Ronaldo adalah seorang pemain dengan level luar biasa. Dia hanya setara dengan (Diego) Maradona, (Lionel) Messi, dan Pele,’’ kata Buffon yang bertukar jersey

dengan Ronaldo setelah laga sebagaiman­a dilansir Marca.

Seiring kekalahan kemarin, Buffon mengakui, berat bagi Juve untuk membalikka­n keadaan dalam leg kedua di Santiago Bernabeu pekan depan (12/4). Impian kiper 40 tahun tersebut untuk memenangi Liga Champions bertepatan­dengankemu­ngkinan pensiun pada akhir musim. ’’Kalaupun mimpi saya (meraih juara, Red) di Liga Champions berakhir (musim ini), saya tidak kecewa karena dihentikan pemain hebat (Ronaldo),’’ tutur Buffon yang hanya meraih

runner-up tiga kali (2003, 2015, 2017) bersama Juve.

Secara terpisah, Ronaldo tidak menyangka bisa mencetak

chilena di Liga Champions. Meski dia adalah pemain paling produktif di Liga Champions dengan 119 gol atau sejak membobol gawang AS Roma di perempat final musim 2006– 2007. ’’Saya sesungguhn­ya tidak percaya bisa mencetak gol seperti itu,’’ kata pemain terbaik dunia lima kali tersebut sebagaiman­a dilansir situs resmi UEFA.

Ketika melakukan

chilena, posisi bola berada di ketinggian 2 meter 38 sentimeter, sedangkan posisi badan Ronaldo melayang setinggi 1 meter 41 sentimeter. ’’Cristiano (Ronaldo) merupakan salah seorang pencetak gol terbaik dalam sejarah Liga Champions. Namun, gol yang saya ciptakan di Glasgow lebih cantik,’’ canda entrenador Real Zinedine Zidane kepada AS.

Glasgow yang dimaksud Zidane adalah di Hampden Park,

venue final Liga Champions 2001–2002. Kala itu dia mencetak gol kemenangan 2-1 Real atas Bayer Leverkusen.

Seiring tambahan dua gol kemarin, Ronaldo melampaui capaian Ruud van Nistelrooy di Liga Champions bersama Manchester United. Yakni, menjadi pemain pertama yang selalu mencetak gol dalam sepuluh pertanding­an beruntun. Ronaldo yang musim ini membuat 14 gol di Liga Champions juga tinggal terpaut tiga gol lagi dari capaian terbaiknya pada musim 2013–2014 dengan 17 gol.

 ?? ALESSANDRO DI MARCO/EPA-EFE ?? BRILIAN: Cristiano Ronaldo melakukan overhead kick untuk mencetak gol kedua Real Madrid di Allianz Stadium kemarin dini hari WIB (4/4).
ALESSANDRO DI MARCO/EPA-EFE BRILIAN: Cristiano Ronaldo melakukan overhead kick untuk mencetak gol kedua Real Madrid di Allianz Stadium kemarin dini hari WIB (4/4).
 ?? MASSIMO PINCA/REUTERS ?? ANTIKLIMAK­S: Paulo Dybala saat menerima kartu kuning kedua dari wasit Cuneyt Cakir sehingga harus meninggalk­an lapangan.
MASSIMO PINCA/REUTERS ANTIKLIMAK­S: Paulo Dybala saat menerima kartu kuning kedua dari wasit Cuneyt Cakir sehingga harus meninggalk­an lapangan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia